PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA KELAS X

Rambe, Aida Hafni and Siagian, Pargaulan (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA KELAS X. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau R&D dengan pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahap yaitu: 1) menganalisis; 2) desain; 3) pembangunan; 4) pelaksanaan; e) evaluasi.
Sampel dalam penelitian ini 23 siswa kelas X IPS 1 SMA Padamu Medan. Hasil analisis penelitian diperoleh: (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid ditinjau dari aspek validitas dengan persentase skor sebesar 90%. (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis ditinjau dari
aspek kepraktisan dengan rata-rata skor positif pada angket respon siswa sebesar 88% dari skor maksimal 100% pada kategori “sangat praktis” dan skor angket respon guru sebesar 86,6 % dari 100%. (3) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif ditinjau dari aspek keefektifan dengan rata-rata nilai ketuntasan individu sebesar 86%, dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,65% memenuhi persentase ketuntasan klasikal sebesar 86% dari jumlah siswa. dalam kategori “sangat efektif”. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Ram p
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Problem solving; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:20
Last Modified: 14 Jun 2024 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58515

Actions (login required)

View Item
View Item