PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SONGKET MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Brahmana, Alneta Angelia Br. and Suwanto, Fevi Rahmawati (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SONGKET MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 94.pdf] Text
94.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku elektronik dengan pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika pada songket Melayu Deli untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan
model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas IX-3 UPT. SMP Negeri 17 Medan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar angket respon, dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dengan pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika pada songket Melayu Deli berdasarkan penilaian para ahli mendapatkan skor rata-rata 4,6 pada validasi materi dan 4,15 pada validasi media sehingga memenuhi kriteria valid. Berdasarkan respon guru dan siswa diperoleh skor rata-rata 4,73 dari respon guru dan 4,16 dari respon siswa sehingga memenuhi kriteria praktis. Selanjutnya berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa, diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Berdasarkan data perbandingan nilai pretest dan posttest didapatkan 28 dari 30 siswa atau 93,33% hasil belajar siswa meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan terbukti mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa, sehingga bahan ajar dikatakan efektif. Hasil penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang layak untuk digunakan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Bahan Ajar; Etnomatematika; Hasil Belajar; Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:52
Last Modified: 27 Jun 2024 16:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58508

Actions (login required)

View Item
View Item