PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII

Ray, Anita Khofifah and Fauzi, Kms Muhammad Amin (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of 87.pdf] Text
87.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kevalidan,, kepraktisa, keefektifan, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penggunaan e-modul berbasis STEAM yang telah dibuat. Model ADDIE digunakan sebagai model pengembangan dalam penelitian ini, dengan fokus pada kelas VII-2 di SMP N 35 Medan, yang terdiri dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan. 1)
RPP memiliki nilai rata-rata 3,64, dan 2) ahli media memiliki nilai rata-rata 3,70 yang menunjukkan kategori sangat layak. Hasil analisis angket respon siswa dan guru menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, yaitu 91,09% dan 92,86%. Analisis angket keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan tingkat keefektifan yang tinggi, dengan skor 91,67%. Proses pembelajaran dinilai sangat efektif karena
lebih dari 85% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Indikator 2 ( mengalami peningkatan sebesar 41,79% dari 43,83% (PreTest) ke 85,80% (PostTest). Indikator 3 mengalami peningkatan sebesar 36,42% dari 42,80% (PreTest) ke 79,42% (PostTest). Indikator 4 mengalami peningkatan sebesar
60,50% dari 14,81% (PreTest) ke 75,31% (PostTest), dan hasil anailis respon siswa 91,01%. Dan hasil analisis N-Gain keselurusan sebesar 0,67 dengan kategori sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: E-Modul; pendekatan Science; Technology; Engineering; Art and Mathematics (STEAM); Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:37
Last Modified: 14 Jun 2024 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58493

Actions (login required)

View Item
View Item