PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 4 BINJAI

Sitorus, Angela Farida P and Siagian, Pargaulan (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 4 BINJAI. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran GeoGebra pada materi pembelajaran trigonometri. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis
(analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Sampel terdiri dari 36 orang siswa kelas X MIPA 1 SMAN 4 Binjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literature, observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran GeoGebra pada materi pembelajaran trigonometri yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 4,36 dan hasil validasi ahli media sebesar 4,43 dengan kriteria “valid”. Selain itu, diperoleh persentase 86,79% oleh praktisi pembelajaran dengan kriteria “sangat praktis”. Untuk keefektifan dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 91,67% dan persentase angket respon siswa terhadap media yaitu 98% dengan kategori “sangat efektif”. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran GeoGebra pada materi pembelajaran trigonometri yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteri kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Additional Information: 510.071 2 Sit p
Keywords: Media pembelajaran; GeoGebra; Trigonometri; Pembelajaran kooperatif;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:25
Last Modified: 13 Jun 2024 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58477

Actions (login required)

View Item
View Item