Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V SDN 177925 Lumban Hariara Kec. Sipahutar T.A. 2022/2023

Panjaitan, Desi Rintawana (2023) Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V SDN 177925 Lumban Hariara Kec. Sipahutar T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111056_Cover.pdf] Text
1191111056_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1191111056_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111056_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of 1191111056_Abstrak.pdf] Text
1191111056_Abstrak.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1191111056_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111056_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1191111056_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111056_Daftar_Isi.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 1191111056_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111056_Daftar_Gambar.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 1191111056_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111056_Daftar_Tabel.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 1191111056_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111056_Daftar_Lampiran.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1191111056_BAB_I.pdf] Text
1191111056_BAB_I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 1191111056_BAB_V.pdf] Text
1191111056_BAB_V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1191111056_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111056_Daftar_Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas V SDN 177925 Lumban Hariara T.A. 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa diantaranya 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswi perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner/angket dan dokumentasi. Adapun instrument pada penelitian ini berupa angket yang berjumlah 25 butir pernyataan yang telah di validkan oleh ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan (reinforcement) guru (X) terhadap keaktifan belajar siswa (Y) kelas V SD Negeri 177925 Lumban Hariara Kec. Sipahutar Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Uji T bahwa nilai t hitung untuk variabel pemberian penguatan (reinforcement) guru (X) adalah 2.731. Sedangkan nilai t tabel yaitu df = n-k, yaitu 25-2 = 23, maka didapat t tabel sebesar 1.71387, sehingga t hitung > t tabel (2.731 > 1.71387), dengan nilai sig = 0.012 < 0,05 ). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan (reinforcement) guru terhadap keaktifan belajar siswa di kelas V SD Negeri 177925 Lumban Hariara Kec. Sipahutar T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru; Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:21
Last Modified: 13 Jun 2024 02:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58475

Actions (login required)

View Item
View Item