Pengembangan Buku Cerita Berbasis Flipbook dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tema 8 Kelas II SD Negeri 106163 Bandar Klippa

BR_Sitepu, Delpita Dola (2023) Pengembangan Buku Cerita Berbasis Flipbook dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tema 8 Kelas II SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411030_Cover.pdf] Text
1192411030_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1192411030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of 1192411030_Abstrak.pdf] Text
1192411030_Abstrak.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 1192411030_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411030_Kata_Pengantar.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 1192411030_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411030_Daftar_Isi.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1192411030_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192411030_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1192411030_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411030_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1192411030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1192411030_BAB_I.pdf] Text
1192411030_BAB_I.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of 1192411030_BAB_V.pdf] Text
1192411030_BAB_V.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 1192411030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan,kepraktisan dan keefektifan Buku Cerita berbasis Flipbook Dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada tema 8 kelas II SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini kelas II-B SD Negeri 106163 Bandar Klippa sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan buku cerita berbasis flipbook dengan model problem based learning berbentuk lembar angket validasi oleh validator dosen. Dalam mengukur kepraktisan buku cerita menggunakan instrumen angket respon guru dan respon siswa dan dalam mengukur keefektifan buku cerita menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh dalam mengembangkan buku cerita berbasis flipbook dengan model problem based learning sudah memenuhi kriteria yang valid yang dilihat dari hasil persentase penilaian yang dilakukan oleh validator (1) validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 82% dengan kategori “sangat layak” (2) validasi bahan ajar memperoleh nilai sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”. Kepraktisan berdasarkan angket respon guru dan angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 93% dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test yang meningkat dari 56,91% menjadi 82,16% dengan kategori “sangat efektif”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa buku cerita berbasis flipbook dengan model problem based learning pada tema 8 kelas II SD Negeri layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Buku Cerita; Flipbook; Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:07
Last Modified: 13 Jun 2024 02:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58474

Actions (login required)

View Item
View Item