BR_Sitepu, Delpita Dola (2023) Pengembangan Buku Cerita Berbasis Flipbook dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tema 8 Kelas II SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411030_Cover.pdf
Download (65kB)
1192411030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (927kB)
1192411030_Abstrak.pdf
Download (348kB)
1192411030_Kata_Pengantar.pdf
Download (305kB)
1192411030_Daftar_Isi.pdf
Download (248kB)
1192411030_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
1192411030_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
1192411030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (213kB)
1192411030_BAB_I.pdf
Download (526kB)
1192411030_BAB_V.pdf
Download (346kB)
1192411030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (553kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan,kepraktisan dan keefektifan Buku Cerita berbasis Flipbook Dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada tema 8 kelas II SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini kelas II-B SD Negeri 106163 Bandar Klippa sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan buku cerita berbasis flipbook dengan model problem based learning berbentuk lembar angket validasi oleh validator dosen. Dalam mengukur kepraktisan buku cerita menggunakan instrumen angket respon guru dan respon siswa dan dalam mengukur keefektifan buku cerita menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh dalam mengembangkan buku cerita berbasis flipbook dengan model problem based learning sudah memenuhi kriteria yang valid yang dilihat dari hasil persentase penilaian yang dilakukan oleh validator (1) validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh nilai sebesar 82% dengan kategori “sangat layak” (2) validasi bahan ajar memperoleh nilai sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”. Kepraktisan berdasarkan angket respon guru dan angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 93% dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test yang meningkat dari 56,91% menjadi 82,16% dengan kategori “sangat efektif”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa buku cerita berbasis flipbook dengan model problem based learning pada tema 8 kelas II SD Negeri layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Buku Cerita; Flipbook; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 02:07 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58474 |