Marunduri, Fadli R (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM UPAYA PENINGKATAN MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103131011 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5103131011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5103131011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 5103131011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. NIM 5103131011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 5103131011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 5103131011 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 5103131011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 5103131011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM 5103131011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 5103131011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian teknik Audio video terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang.
Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 11 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 8 soal mudah dan 10 soal sedang, daya beda soal diperoleh 1 soal jelek, 13 soal cukup, baik 1 soal, uji realibilitas diperoleh 1,0 (sangat tinggi) dan pada siklus II 12 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 5 soal mudah dan 15 soal sedang, daya beda soal diperoleh 1 soal jelek, 12 soal cukup, 2 soal baik, uji realibilitas diperoleh 1,0 (sangat tinggi).
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 69 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 70 dan meningkat sebesar 15% menjadi 85 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elektronika Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 010 |
Keywords: | Investigasi Kelompok; Elektronika ;Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jun 2016 09:03 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5845 |