Hutasoit, Anggry F and Simanjorang, Mangaratua Marianus (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.
31.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah yang digunakan Cabri 3D berdampak pada kemampuan spasial siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Berastagi pada tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen design. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari dua kelas: kelas VIII–6 digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII–7 digunakan sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan Cabri 3D, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa di kelas eksperimen memperoleh skor akhir rata-rata 78,88, sedangkan siswa di kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 63,12. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan rata-rata (uji-t), dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,024 lebih besar
dari 1,669). Ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan pada kelas eksperimen memiliki efek. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dalam kelas eksperimen memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada siswa dalam kelas kontrol.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Spasial; Cabri 3D; Problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 06:48 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58446 |