Aruan, Nadia Resilla (2018) Kontribusi Kemampuan Membaca Cepat Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM 2131111037 COVER.pdf
Download (124kB)
02. NIM 2131111037 APPROVAL SHEET.pdf
Download (693kB)
03. NIM 2131111037 ABSTRACT.pdf
Download (221kB)
04. NIM 2131111037 PREFACE.pdf
Download (277kB)
05. NIM 2131111037 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (172kB)
06. NIM 2131111037 LIST OF TABLE.pdf
Download (112kB)
07. NIM 2131111037 LIST OF FIGURE.pdf
Download (111kB)
08. NIM 2131111037 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (112kB)
09. NIM 2131111037 CHAPTER I.pdf
Download (351kB)
13. NIM 2131111037 CHAPTER V.pdf
Download (250kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan membaca cepat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 MedanTahun Pembelajaran 2016/2017, (2) mengetahui kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017, dan (3) mengetahui kontribusi kemampuan membaca cepat terhadap kemampuan menulis tek berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah selurush siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan yang berjumlah 333 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 37 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif koreltif. Uji persyaratan analisis dengn uji Normalitas dan uji Linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji r korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi dasar menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit dan menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas. Diperoleh nilai rata-rata sebesar 74.5 dan standar deviasi 8.1227 dengan tingkat kecenderungan nilai baik sebesar 67%. Sedangkan menulis teks berita diperoleh nilai rata-rata 75.81 dan standar deviasi 8.37 dengan tingkat kecenderungan nilai baik 51%. Hasil uji-r diperoleh nilai r hitung > r tabel, yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan adanya kontribusi kemampuan membaca cepat terhadap kemampuan menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Medan tahun pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kontribusi, Membaca Cepat, Menulis Teks Berita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58438 |