Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 100600 Sipogas Kab. Padang Lawas Utara

Nurhabibi, Rizki (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 100600 Sipogas Kab. Padang Lawas Utara. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196182017_Cover.pdf] Text
8196182017_Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8196182017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196182017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 8196182017_Abstrak.pdf] Text
8196182017_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 8196182017_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196182017_Kata_Pengantar.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 8196182017_Daftar_Isi.pdf] Text
8196182017_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8196182017_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196182017_Daftar_Tabel.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8196182017_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196182017_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8196182017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196182017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8196182017_BAB_I.pdf] Text
8196182017_BAB_I.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 8196182017_BAB_V.pdf] Text
8196182017_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 8196182017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196182017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul PPKn materi Indahnya Keberagaman Di Negeriku yang dapat memudahkan siswa kelas IV belajar di SD Negeri 100600 Sipogas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan mengadopsi dan memodifikasi langkah pengembangan dari Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam pengembangan ini, yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) revisi produk akhir, 10) uji hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, observasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 3 dosen sebagai validator ahli, 24 siswa sebagai subjek uji coba dan uji minat belajar. Analisis data penelitian menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Perhitungan instrumen untuk para ahli menggunakan skala Likert, sedangkan instrumen untuk uji coba siswa menggunakan skala Guttman.Hasil penilaian e-modul PPKn Indahnya Keberagaman Di Negeriku dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,17 dengan kriteria baik, ahli bahasa mendapatkan skor 93,75% dengan kriteria sangat layak, ahli desain mendapatkan rerata skor 3,95 dengan kriteria baik, uji coba lapangan awal mendapatkan presentase 88,89% dengan kriteria layak, uji coba lapangan mendapatkan presentase 97,23% dengan kriteria layak, uji pelaksanaan lapangan mendapatkan presentase 95,58% dengan kriteria layak, dan uji minat belajar pretest mendapatkan rerata nilai 40,20, sedangkan minat belajar postest menunjukkan rerata nilai 74,79, sehingga minat belajar siswa mengalami peningkatan rerata nilai sebesar 34,59. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan e-modul PPKn dikatakan layak sebagai media pembelajaran. Selain itu, adanya peningkatan minat belajar setelah siswa menggunakan e-modul PPKn menunjukkan indikator keberhasilan e-modul PPKn dapat memudahkan peserta didik belajar dibandingkan hanya menggunakan penjelasan guru dan buku teks saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Nur p
Keywords: E-Modul, PPKn, Indahnya Keberagaman Di Negeriku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Jun 2024 09:48
Last Modified: 06 Jun 2024 09:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58334

Actions (login required)

View Item
View Item