Nurhabibi, Rizki (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 100600 Sipogas Kab. Padang Lawas Utara. Masters thesis, UNIMED.
8196182017_Cover.pdf
Download (127kB)
8196182017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (311kB)
8196182017_Abstrak.pdf
Download (143kB)
8196182017_Kata_Pengantar.pdf
Download (242kB)
8196182017_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
8196182017_Daftar_Tabel.pdf
Download (115kB)
8196182017_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
8196182017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
8196182017_BAB_I.pdf
Download (482kB)
8196182017_BAB_V.pdf
Download (168kB)
8196182017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (338kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul PPKn materi Indahnya Keberagaman Di Negeriku yang dapat memudahkan siswa kelas IV belajar di SD Negeri 100600 Sipogas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan mengadopsi dan memodifikasi langkah pengembangan dari Borg and Gall. Langkah yang ditempuh dalam pengembangan ini, yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan, 8) uji pelaksanaan lapangan, 9) revisi produk akhir, 10) uji hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, observasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 3 dosen sebagai validator ahli, 24 siswa sebagai subjek uji coba dan uji minat belajar. Analisis data penelitian menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Perhitungan instrumen untuk para ahli menggunakan skala Likert, sedangkan instrumen untuk uji coba siswa menggunakan skala Guttman.Hasil penilaian e-modul PPKn Indahnya Keberagaman Di Negeriku dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,17 dengan kriteria baik, ahli bahasa mendapatkan skor 93,75% dengan kriteria sangat layak, ahli desain mendapatkan rerata skor 3,95 dengan kriteria baik, uji coba lapangan awal mendapatkan presentase 88,89% dengan kriteria layak, uji coba lapangan mendapatkan presentase 97,23% dengan kriteria layak, uji pelaksanaan lapangan mendapatkan presentase 95,58% dengan kriteria layak, dan uji minat belajar pretest mendapatkan rerata nilai 40,20, sedangkan minat belajar postest menunjukkan rerata nilai 74,79, sehingga minat belajar siswa mengalami peningkatan rerata nilai sebesar 34,59. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan e-modul PPKn dikatakan layak sebagai media pembelajaran. Selain itu, adanya peningkatan minat belajar setelah siswa menggunakan e-modul PPKn menunjukkan indikator keberhasilan e-modul PPKn dapat memudahkan peserta didik belajar dibandingkan hanya menggunakan penjelasan guru dan buku teks saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Nur p |
Keywords: | E-Modul, PPKn, Indahnya Keberagaman Di Negeriku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 09:48 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58334 |