Pengaruh Media Pembelajaran AR (Augmented Reality) Berbasis 3d Menggunakan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 3 Sub Tema 1 Di SDN 065015 Medan

Ginting, Mustiranda (2024) Pengaruh Media Pembelajaran AR (Augmented Reality) Berbasis 3d Menggunakan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 3 Sub Tema 1 Di SDN 065015 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311140_Cover.pdf] Text
1193311140_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 1193311140_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311140_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (865kB)
[thumbnail of 1193311140_Abstrak.pdf] Text
1193311140_Abstrak.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 1193311140_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311140_Kata_Pengantar.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1193311140_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311140_Daftar_Isi.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1193311140_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311140_Daftar_Gambar.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 1193311140_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311140_Daftar_Tabel.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1193311140_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311140_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1193311140_BAB_I.pdf] Text
1193311140_BAB_I.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of 1193311140_BAB_V.pdf] Text
1193311140_BAB_V.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 1193311140_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311140_Daftar_Pustaka.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Augmented Reality sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 Kelas IV SD di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 065015 Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif tipe pilihan berganda dan instrument non tes berupa angket. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji t-test yang telah dilakukan dengan program SPSS, maka hasil hipotesis kelas kontrol diperoleh signifikansi 0,03 yang merupakan kurang dari taraf signifikan �= 0,05, atau 0,0 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada kelas eksperimen 0,00 yang merupakan kurang dari taraf signifikan �= 0,05, atau 0,00 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi assemblr edu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik siswa SDN 065015 medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Augmented Reality; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:07
Last Modified: 06 Jun 2024 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58329

Actions (login required)

View Item
View Item