Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Lectora Inspire Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas V SDN 016529 BP. Mandoge T.A. 2023/2024

Pohan, Liza Hasanah (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Lectora Inspire Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas V SDN 016529 BP. Mandoge T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111021_Cover.pdf] Text
1191111021_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 1191111021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 1191111021_Abstrak.pdf] Text
1191111021_Abstrak.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1191111021_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111021_Kata_Pengantar.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1191111021_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111021_Daftar_Isi.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1191111021_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111021_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1191111021_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111021_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1191111021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 1191111021_BAB_I.pdf] Text
1191111021_BAB_I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 1191111021_BAB_V.pdf] Text
1191111021_BAB_V.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1191111021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 4 kelas V SDN 016529 BP. Mandoge. Serta untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan dari media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D) menggunakan langkah-langkah pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, kusioner angket, dan tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 016529. Validasi oleh ahli materi yang memperoleh nilai rata-rata 3,66 dengan kategori “Sangat Layak”, validasi media yang memperoleh nilai rata-rata 3,75 dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji coba peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3,82 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penelitian yang diperoleh dalam menguji efektivitas media pembelajaran menunjukkan nilai pre-test sebesar 47,33 dan nilai post-test sebesar 87,73 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 40,4, kemudian nilai N-Gain yang didapatkan sebesar 0,77 dengan kategori tinggi dan dengan presentase 77,21% dalam kategori efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran tematik berbasis lectora inspire sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran serta efektif untuk meningkatkan hasil b

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Tematik; Lectora Inspire; Kelayakan; Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:33
Last Modified: 06 Jun 2024 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58325

Actions (login required)

View Item
View Item