Efektivitas Model Guided Discovery Learning Berbantuan Virtual Simulasi PhET untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang

Arfani, Sri (2023) Efektivitas Model Guided Discovery Learning Berbantuan Virtual Simulasi PhET untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196175002_Cover.pdf] Text
8196175002_Cover.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8196175002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196175002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8196175002_Abstrak.pdf] Text
8196175002_Abstrak.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8196175002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196175002_Kata_Pengantar.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 8196175002_Daftar_Isi.pdf] Text
8196175002_Daftar_Isi.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 8196175002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196175002_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 8196175002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196175002_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8196175002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196175002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 8196175002_BAB_I.pdf] Text
8196175002_BAB_I.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 8196175002_BAB_V.pdf] Text
8196175002_BAB_V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 8196175002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196175002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning berbantuan virtual simulasi PhET untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII MTsN 2 Medan dan untuk melihat korelasi antara pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Jenis Penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest-postest. Hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen 47,5 dan kelas kontrol adalah 37. Sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil post test nilai rata – rata kelas eksperimen 77 dan kelas kontrol nilai rata – rata 54,6 kedua data normal dan homogen serta analisis hipotesis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari kedua kelas, berarti ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan virtual simulasi PhET dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Untuk mengetahui keefektifan implementasi model guided discovery learning berbantuan virtual PhET terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa, menggunakan skor Ngain dengan interpretasi keefektifan pemahaman konsep adalah 57 % cukup efektif dan minat belajar siswa 73% cukup efektif. Hubungan minat belajar dan pemahaman konsep siswa memiliki korelasi dengan nilai 0,805 yang diinterpretasikan memiliki derajat hubungan kuat dan bentuk hubungan positif yang berarti semakin tinggi minat siswa maka semakin tinggi juga pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 531.32 Arf e
Keywords: Guided Discovery Learning, PhET pemahaman konsep, minat siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Jun 2024 09:54
Last Modified: 05 Jun 2024 09:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58307

Actions (login required)

View Item
View Item