Arfani, Sri (2023) Efektivitas Model Guided Discovery Learning Berbantuan Virtual Simulasi PhET untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Masters thesis, UNIMED.
8196175002_Cover.pdf
Download (98kB)
8196175002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8196175002_Abstrak.pdf
Download (129kB)
8196175002_Kata_Pengantar.pdf
Download (143kB)
8196175002_Daftar_Isi.pdf
Download (36kB)
8196175002_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
8196175002_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
8196175002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (88kB)
8196175002_BAB_I.pdf
Download (404kB)
8196175002_BAB_V.pdf
Download (156kB)
8196175002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (394kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning berbantuan virtual simulasi PhET untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII MTsN 2 Medan dan untuk melihat korelasi antara pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Jenis Penelitian adalah quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest-postest. Hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretes kelas eksperimen 47,5 dan kelas kontrol adalah 37. Sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil post test nilai rata – rata kelas eksperimen 77 dan kelas kontrol nilai rata – rata 54,6 kedua data normal dan homogen serta analisis hipotesis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dari kedua kelas, berarti ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan virtual simulasi PhET dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Untuk mengetahui keefektifan implementasi model guided discovery learning berbantuan virtual PhET terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa, menggunakan skor Ngain dengan interpretasi keefektifan pemahaman konsep adalah 57 % cukup efektif dan minat belajar siswa 73% cukup efektif. Hubungan minat belajar dan pemahaman konsep siswa memiliki korelasi dengan nilai 0,805 yang diinterpretasikan memiliki derajat hubungan kuat dan bentuk hubungan positif yang berarti semakin tinggi minat siswa maka semakin tinggi juga pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.32 Arf e |
Keywords: | Guided Discovery Learning, PhET pemahaman konsep, minat siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 09:54 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 09:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58307 |