Sianturi, Leo Angga (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN SUATU DONGENG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 1 SISWA KELAS IV SDN 106812 BANDAR SETIA T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193111086_Cover.pdf
Download (76kB)
1193111086_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193111086_Abstrak.pdf
Download (290kB)
1193111086_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1193111086_Abstrak.pdf
Download (290kB)
1193111086_Kata_Pengantar.pdf
Download (346kB)
1193111086_Daftar_Isi.pdf
Download (72kB)
1193111086_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
1193111086_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1193111086_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
1193111086_BAB_I.pdf
Download (319kB)
1193111086_BAB_V.pdf
Download (125kB)
1193111086_Daftar_Pustaka.pdf
Download (153kB)
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas Media Pembelajaran Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Membacakan Suatu Dongeng Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 106812 Bandar Setia T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/i yang berjumlah 20 siswa kelas IV SDN 106812 Bandar Setia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas dengan nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli desain media memperoleh skor 21 dikategorikan “Layak” dengan persentase kelayakan 70%, dan nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli konten media memperoleh skor 48 dengan rata-rata persentase akhir 80% dikategorikan “Layak”. Sedangkan nilai kelayakan pada uji validator angket memperoleh skor 52 dengan rata-rata persentase 94% dikategorikan “Sangat Layak”. Uji praktikalitas dilakukan kepada praktisi pendidikan dengan memperoleh hasil skor 49 dengan rata-rata persentase 98% dikategorikan “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil keefektifan desain dan konten media, hasil pre-test tersebut diperoleh siswa/i dengan kategori “Tuntas” berjumlah 2 orang dengan persentase 10% dan siswa/i kategori “Tidak Tuntas” berjumlah 18 orang dengan persentase 90%. Adapun hasil skor rata-rata pre-test diperoleh 53,75. Sedangkan pada hasil post-test siswa/i menunjukkan bahwa siswa/i kategori “Tuntas” berjumlah 16 orang dengan persentase 80% dan siswa/i kategori “Tidak Tuntas” berjumlah 4 orang dengan persentase 20%. Hasil skor rata-rata post-test diperoleh 81,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat efektif digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Boneka Tangan, Pembelajaran Tematik, ADDIE, Research & Development, Kemampuan Membacakan Suatu Dongeng |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:13 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58304 |