PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN SUATU DONGENG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 1 SISWA KELAS IV SDN 106812 BANDAR SETIA T.A 2022/2023

Sianturi, Leo Angga (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN SUATU DONGENG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 1 SISWA KELAS IV SDN 106812 BANDAR SETIA T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111086_Cover.pdf] Text
1193111086_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 1193111086_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111086_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111086_Abstrak.pdf] Text
1193111086_Abstrak.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 1193111086_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111086_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193111086_Abstrak.pdf] Text
1193111086_Abstrak.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 1193111086_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111086_Kata_Pengantar.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 1193111086_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111086_Daftar_Isi.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1193111086_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111086_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1193111086_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111086_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193111086_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111086_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1193111086_BAB_I.pdf] Text
1193111086_BAB_I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1193111086_BAB_V.pdf] Text
1193111086_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1193111086_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111086_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas Media Pembelajaran Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Membacakan Suatu Dongeng Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 106812 Bandar Setia T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa/i yang berjumlah 20 siswa kelas IV SDN 106812 Bandar Setia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas dengan nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli desain media memperoleh skor 21 dikategorikan “Layak” dengan persentase kelayakan 70%, dan nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli konten media memperoleh skor 48 dengan rata-rata persentase akhir 80% dikategorikan “Layak”. Sedangkan nilai kelayakan pada uji validator angket memperoleh skor 52 dengan rata-rata persentase 94% dikategorikan “Sangat Layak”. Uji praktikalitas dilakukan kepada praktisi pendidikan dengan memperoleh hasil skor 49 dengan rata-rata persentase 98% dikategorikan “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil keefektifan desain dan konten media, hasil pre-test tersebut diperoleh siswa/i dengan kategori “Tuntas” berjumlah 2 orang dengan persentase 10% dan siswa/i kategori “Tidak Tuntas” berjumlah 18 orang dengan persentase 90%. Adapun hasil skor rata-rata pre-test diperoleh 53,75. Sedangkan pada hasil post-test siswa/i menunjukkan bahwa siswa/i kategori “Tuntas” berjumlah 16 orang dengan persentase 80% dan siswa/i kategori “Tidak Tuntas” berjumlah 4 orang dengan persentase 20%. Hasil skor rata-rata post-test diperoleh 81,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat efektif digunakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Boneka Tangan, Pembelajaran Tematik, ADDIE, Research & Development, Kemampuan Membacakan Suatu Dongeng
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:13
Last Modified: 05 Jun 2024 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58304

Actions (login required)

View Item
View Item