Sitompul, Karyn Hosana (2024) PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 KELAS V DI SDN 14 RANTAU UTARA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193111041_Cover.pdf
Download (68kB)
1193111041_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (677kB)
1193111041_Abstrak.pdf
Download (89kB)
1193111041_Kata_Pengantar.pdf
Download (407kB)
1193111041_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
1193111041_Daftar_Tabel.pdf
Download (142kB)
1193111041_Daftar_Gambar.pdf
Download (96kB)
1193111041_Daftar_Lampiran.pdf
Download (64kB)
1193111041_BAB_I.pdf
Download (268kB)
1193111041_BAB_V.pdf
Download (94kB)
1193111041_Daftar_Pustaka.pdf
Download (132kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada tema 1 menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Teams Games Tournament. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa yang terdiri dari dua kelas. kelas V-A menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas V-B menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian metode kuantitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan tes hasil belajar, yang selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Games Tournament khususnya pada tema 1. Dimana dalam penelitian hasil belajar menggunakan model Make A Match adalah sebesar 85,33 dan model pemebelajaran Teams Games Tournament adalah sebesar 80,86. Adapun t hitung > t tabel atau 2,131 > 2,002, maka terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua model. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada tenaga pendidik di Kelas V agar dapat menerapkan model pembelajaran Make A Match dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam tema 1 yang memuat pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Make A Match, Teams Games Tournament, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 06:31 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58302 |