PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 KELAS V DI SDN 14 RANTAU UTARA T.A 2023/2024

Sitompul, Karyn Hosana (2024) PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 KELAS V DI SDN 14 RANTAU UTARA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111041_Cover.pdf] Text
1193111041_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1193111041_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111041_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 1193111041_Abstrak.pdf] Text
1193111041_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 1193111041_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111041_Kata_Pengantar.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 1193111041_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111041_Daftar_Isi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1193111041_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111041_Daftar_Tabel.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1193111041_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111041_Daftar_Gambar.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 1193111041_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111041_Daftar_Lampiran.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1193111041_BAB_I.pdf] Text
1193111041_BAB_I.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1193111041_BAB_V.pdf] Text
1193111041_BAB_V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 1193111041_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111041_Daftar_Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada tema 1 menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Teams Games Tournament. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa yang terdiri dari dua kelas. kelas V-A menggunakan model pembelajaran Make A Match dan kelas V-B menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian metode kuantitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan tes hasil belajar, yang selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Games Tournament khususnya pada tema 1. Dimana dalam penelitian hasil belajar menggunakan model Make A Match adalah sebesar 85,33 dan model pemebelajaran Teams Games Tournament adalah sebesar 80,86. Adapun t hitung > t tabel atau 2,131 > 2,002, maka terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua model. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada tenaga pendidik di Kelas V agar dapat menerapkan model pembelajaran Make A Match dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalam tema 1 yang memuat pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Make A Match, Teams Games Tournament, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:31
Last Modified: 05 Jun 2024 06:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58302

Actions (login required)

View Item
View Item