Pengembangan Model Pembelajaran Role Play Melalui Kartu Uno di TK Tri Sakti Lubuk Pakam

Gultom, Martha Ulina (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Role Play Melalui Kartu Uno di TK Tri Sakti Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196122005_Cover.pdf] Text
8196122005_Cover.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8196122005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196122005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 8196122005_Abstrak.pdf] Text
8196122005_Abstrak.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8196122005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196122005_Kata_Pengantar.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8196122005_Daftar_Isi.pdf] Text
8196122005_Daftar_Isi.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8196122005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196122005_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 8196122005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196122005_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8196122005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196122005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8196122005_BAB_I.pdf] Text
8196122005_BAB_I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 8196122005_BAB_V.pdf] Text
8196122005_BAB_V.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8196122005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196122005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (183kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui model role play melalui kartu uno layak digunakan pada tingkat TK di sekolah Tri Sakti Lubuk Pakam.(2) mengetahui model role play melalui kartu uno layak digunakan pada tingkat TK di sekolah Tri Sakti Lubuk Pakam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari satu orang ahli materi, satu orang ahli model pembelajaran, satu orang ahli desain pembelajaran, dan siswa TK Tri Sakti Lubuk Pakam yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini respon siswa terhadap model pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (88,24%), (2) uji ahli model pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (95,56%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 95%). Berdasarkan hasil tes belajar diketahui rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 68 dan kelas eksperimen sebesar 85 dan kedua kelas memiliki selisih nilai sebesar 17. Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) model belajar role play melalui kartu uno layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model belajar role play melalui kartu uno dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model belajar role play melalui kartu uno. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 10,691 Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan model belajar role play melalui kartu uno sebesar 73 %, Sedangkan Kelompok siswa yang tidak menggunakan model belajar role play melalui kartu uno sebesar 36%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan model belajar role play melalui kartu uno lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pengenalan angka daripada tanpa menggunakan model belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Gul p
Keywords: Model Belajar role play. Kartu uno
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:56
Last Modified: 04 Jun 2024 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58295

Actions (login required)

View Item
View Item