Br. Ginting, Juni Reh Meita (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 050629 TANJUNG LANGKAT KABUPATEN LANGKAT T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192411013_Cover.pdf
Download (43kB)
1192411013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (312kB)
1192411013_Abstrak.pdf
Download (101kB)
1192411013_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
1192411013_Daftar_Isi.pdf
Download (85kB)
1192411013_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
1192411013_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
1192411013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1192411013_BAB_I.pdf
Download (209kB)
1192411013_BAB_V.pdf
Download (59kB)
1192411013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (112kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas V yang rendah di SD Negeri 050629 Tanjung Langkat T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V di SD Negeri 050629 Tanjung Langkat T.A 2022/2023. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 050629 Tanjung Langkat, yang terdiri dari 2 kelas yaitu: Kelas VA ( Kelas eksperimen ) dan kelas VB ( Kelas kontrol ). Pada kelas V A dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa dan kelas VB dengan jumlah 20 siswa. Tewknik pengumpulan sampel dengan Total Sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Jenis penelitian ini adalah . Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes objektif dengan jumlah 30 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari analisis data dari 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol diperoleh rata-rata kelas eksperimen Pre-Test 53,75 dan Post-Test 79,25 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pada Pre-Test 42,2 dan Post-Test 65,3. Pada taraf signifikan = 0,05. Kedua kelas berdistribusi normal karena Lo<Lt yaitu 0,135<0,190 (Post-Test kelas eksperimen) dan 0,132<0,190 (Post-Test kelas kontrol). Uji homogenitas pada Post-Test kelas eksperimen dan Post-Test kelas kontrol dengan Fhitung<Ftabel yaitu 0,05<2,17. Dilakukan uji t pada taraf nyata =0,05 bahwa thitung>ttabel yaitu 2,185>1,685. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran berbasis multimedia pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V di SD Negeri 050629 Tanjung Langkat T.A 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Media Pembelajaran Berbasis Multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 31 May 2024 09:57 |
Last Modified: | 31 May 2024 09:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58281 |