Fitri, Wulan Syah (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111142007 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 5111142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (833kB) | Preview
3. NIM. 5111142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. NIM. 5111142007. PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 5111142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 5111142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5111142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5111142007 DRAFT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5111142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM. 5111142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
14. NIM 5111142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
15. NIM. 5111142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Mengetahui hasil belajar siswa pada materi potongan sayuran yang diajar dengan menggunakan media animasi. (2). Mengetahui hasil belajar siswa pada materi potongan sayuran yang diajar dengan menggunakan media gambar.(3). Mengetahui pengaruh hasil belajar potongan sayuran yang diajar dengan menggunakan media animasi dan dengan menggunakan media gambar.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2015/2016 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Uji validitas tes menggunakan rumus koefsien Point Biserial sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata (uji t).
Hasil penelitian menunujukkan bahwa berdasarkan tes hasil belajar yang diberikan perlakuan dengan menggunakan media animasi di peroleh rata-rata skor 28,92 dan varians 5,47 dengan skor tertinggi 35 dan skor terendah 14 dengan jumlah sampel 36 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 86% tergolong tinggi dan 14% tergolong kurang. Sedang kan untuk hasil belajar dengan menggunakan media gambar terdapat rata-rata skor 23,4 dan varians 5,54 dengan skor tertinggi 32 dan skor terendah 17 dengan jumlah sampel 35 siswa. Tingkat kecendrungan nilai siswa 43% tergolong tinggi dan 57% tergolong kurang. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat thitungyaitu 9,85dengan ttabelyaitu 1,997, dapat terlihat bahwathitung>ttabel atau 9,85>1,997 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Boga Dasar dengan menggunakan media animasi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Boga Dasar yang menggunakan media gambar pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 026 |
Keywords: | Penggunaan Media Animasi; Hasil Belajar Siswa; Boga Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 06:50 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5828 |