Maulida, Intan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SDN 056010 CEMPA T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1182111006_Cover.pdf
Download (223kB)
1182111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1182111006_Abstrak.pdf
Download (466kB)
1182111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (441kB)
1182111006_Daftar_Isi.pdf
Download (64kB)
1182111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (63kB)
1182111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
1182111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
1182111006_BAB_I.pdf
Download (650kB)
1182111006_BAB_V.pdf
Download (410kB)
1182111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (417kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran pocket book mata pelajaran bahasa Inggris materi Season and Weather, (2) Mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran pocket book mata pelajaran bahasa Inggris materi Season and Weather, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran pocket book mata pelajaran bahasa Inggris materi Season and Weather. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reasearch and Develpoment) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 056010 Cempa yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, lembar soal pre-test post-test, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi memperoleh rata-rata nilai 4,4 kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase 88% kategori “Sangat Layak” dan hasil ahli desain memperoleh rata-rata nilai 4,9 kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase 98% kategori “Sangat Layak”. (2) Uji kepraktisan media pembelajaran oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase 95% kategori “Sangat Praktis” dan melalui hasil respon peserta didik perorangan diperoleh persentase sebesar 90% dan respon peserta didik kelompok kecil diperoleh persentase 97% , maka hasil uji kepraktisan secara keseluruhan 94,2% dengan kategori “Sangat Praktis”. (3) Uji keefektifan pocket book dapat diketahui bahwa setelah menggunakan pocket book yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari awal rata-rata sebelum menggunakan pocket book yaitu 55,7 kategori “Kurang Efektif” dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 85,2 kategori “Efektif’’ dan hasil gain score 0.712 kategori ‘’Tinggi’’ dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research and Development, Pocket Book, Mata Pelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 31 May 2024 09:39 |
Last Modified: | 31 May 2024 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58273 |