PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SDN 056010 CEMPA T.A 2021/2022

Maulida, Intan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V SDN 056010 CEMPA T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1182111006_Cover.pdf] Text
1182111006_Cover.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1182111006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1182111006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1182111006_Abstrak.pdf] Text
1182111006_Abstrak.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 1182111006_Kata_Pengantar.pdf] Text
1182111006_Kata_Pengantar.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 1182111006_Daftar_Isi.pdf] Text
1182111006_Daftar_Isi.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1182111006_Daftar_Tabel.pdf] Text
1182111006_Daftar_Tabel.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1182111006_Daftar_Gambar.pdf] Text
1182111006_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1182111006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1182111006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1182111006_BAB_I.pdf] Text
1182111006_BAB_I.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 1182111006_BAB_V.pdf] Text
1182111006_BAB_V.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 1182111006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1182111006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran pocket book mata pelajaran bahasa Inggris materi Season and Weather, (2) Mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran pocket book mata pelajaran bahasa Inggris materi Season and Weather, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran pocket book mata pelajaran bahasa Inggris materi Season and Weather. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reasearch and Develpoment) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 056010 Cempa yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, lembar soal pre-test post-test, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi memperoleh rata-rata nilai 4,4 kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase 88% kategori “Sangat Layak” dan hasil ahli desain memperoleh rata-rata nilai 4,9 kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase 98% kategori “Sangat Layak”. (2) Uji kepraktisan media pembelajaran oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil persentase 95% kategori “Sangat Praktis” dan melalui hasil respon peserta didik perorangan diperoleh persentase sebesar 90% dan respon peserta didik kelompok kecil diperoleh persentase 97% , maka hasil uji kepraktisan secara keseluruhan 94,2% dengan kategori “Sangat Praktis”. (3) Uji keefektifan pocket book dapat diketahui bahwa setelah menggunakan pocket book yang dikembangkan, nilai rata-rata siswa meningkat dari awal rata-rata sebelum menggunakan pocket book yaitu 55,7 kategori “Kurang Efektif” dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas” meningkat menjadi 85,2 kategori “Efektif’’ dan hasil gain score 0.712 kategori ‘’Tinggi’’ dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Research and Development, Pocket Book, Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 31 May 2024 09:39
Last Modified: 31 May 2024 09:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58273

Actions (login required)

View Item
View Item