Siregar, Siti Aisyah Ulpa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII SMP AL-ITTIHADIYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113342028 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 5113342028 APPROVAL SHEET. pdf.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 5113342028 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 5113342028 PREVACE.pdf.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 5113342028 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 5113342028 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5113342028 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5113342028 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
12. NIM 5113342028 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM 5113342028 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan, 1. Untuk penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al-Ittihadiyah Medan, 2. Untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran keterampilan siswa kelas VIII SMP Al-Ittihadiyah Medan. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 64 siswa, yang terdiri dari 22 orang siswa kelas VIII 1, 21 orang siswa kelas VIII 2, dan 21 orang siswa kelas VIII 3. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 64 orang siswa.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa terdiri dari 32 orang siswa kelas kontrol dan 32 orang siswa kelas eksperimen. Pelaksanaan PTK dilakukan dua kali pertemuan, terdiri dari pertemuan pertama kelas kontrol dan pertemuan kedua kelas eksperimen, yang menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan test. Test yang dilakukan berupa soal yang diberikan 2 kali yaitu test awal pada kelas kontrol dan test kedua pada kelas eksperimen. Sedangkan observasi meliputi aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata pada saat test awal yaitu 68,03 mencapai nilai kriteria ketuntasan maksimal dengan perolehan nilai ketuntasan klasikal sebesar 53,12%, dari penelitian dengan 32 orang siswa yang diperoleh 17 orang siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan maksimal dan 15 orang siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan maksimal. Selanjutnya pada test kedua di kelas eksperimen diperoleh rata- rata 79,65 mencapai nilai kriteria ketuntasan maksimal dengan perolehan nilai ketuntasan klasikal sebesar 81,25%, dari penelitian dengan 32 orang siswa yang diperoleh 26 orang siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan maksimal dan 6 orang siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan maksimal. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan di kelas VIII SMP Al-Ittihadiyah Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 027 |
Keywords: | Keterampilan; Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 06:45 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5827 |