Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Tema VI Subtema 1 Di Kelas IV UPT SDN 30 Pasar Lapan T.A 2022/2023

Hutabarat, Damayanti (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Tema VI Subtema 1 Di Kelas IV UPT SDN 30 Pasar Lapan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191111015_Cover.pdf] Text
1191111015_Cover.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1191111015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 1191111015_Abstrak.pdf] Text
1191111015_Abstrak.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1191111015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111015_Kata_Pengantar.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of 1191111015_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111015_Daftar_Isi.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1191111015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111015_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1191111015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111015_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1191111015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 1191111015_BAB_I.pdf] Text
1191111015_BAB_I.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 1191111015_BAB_V.pdf] Text
1191111015_BAB_V.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 1191111015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model problem based instruction berbantuan media audio visual terhadap kemampuan hasil belajar pada temaVI subtema 1 di kelas IV UPT SDN 30 Pasar Lapan T.A 2022/2023. Populasi penelitian ini berjumlah 39 orang siswa kelas IV. Sampel penelitian menggunakan teknik Total Sampling jadi menggunakan seluruh jumlah populasi yang ada. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan menggunakan desain non equivalent control group. Sebelum pelaksanaan penelitian instrumen penelitian dilakukan pengujian yaitu uji validitas dan reliabilitas, setelah itu seluruh siswa kelas IV dilakukan pre-test sebelum diberikan perlakuan, kelompok eksperimen diberikan perlakuan melalui media audio visual dan kelompok kontrol tanpa diberikan perlakuan apapun, setelah diberikan perlakuan yang berbeda kepada seluruh siswa kelas IV maka selanjutnya pemberian post-test (tes akhir). Bersumber pada hasil perhitungan uji hipotesis atau uji-t (independet sample T-test) tabel daftar distribusi t pada kelas eksperimen taraf nyata α = 0.05 = -33,35 yang berarti thitung < ttabel (-33,35 < 0,05), dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Tema VI Subtema 1 Kelas IV UPT SDN 30 Pasar Lapan T.A.2022/2023. Begitu juga pada kelas kontrol taraf nyata α = 0.05 = -19,48 yang berarti thitung < ttabel (-19,48 < 0,05), dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Tema VI Subtema 1 Kelas IV UPT SDN 30 Pasar Lapan T.A.2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Instruction; Media Audio Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 31 May 2024 08:29
Last Modified: 31 May 2024 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58265

Actions (login required)

View Item
View Item