Pengaruh Layanan Informasi Metode Diskusi Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Simanjuntak, Cravi Beta Rani (2023) Pengaruh Layanan Informasi Metode Diskusi Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193151001_Cover.pdf] Text
1193151001_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1193151001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 1193151001_Abstrak.pdf] Text
1193151001_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1193151001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151001_Kata_Pengantar.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 1193151001_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151001_Daftar_Isi.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 1193151001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151001_Daftar_Gambar.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 1193151001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151001_Daftar_Tabel.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 1193151001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193151001_BAB_I.pdf] Text
1193151001_BAB_I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1193151001_BAB_V.pdf] Text
1193151001_BAB_V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1193151001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193151001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (261kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan informasi teknik diskusi terhadap etika berkomunikasi siswa kelas X teknik pemesinan di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket skala likert. Metode penelitian menggunakan Kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen design one-group pretest-post test. Populasi penelitian sebanyak 70 siswa dan sampel penelitian sebanyak 59 dengan cara menentukan jumlah sampel dengan metode Kreijcie Morgen, pada siswa kelas X TPM di SMK N 5 Medan dan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik Analisis data menggunakan uji wilcoxon menggunakan SPSS versi 22 dengan n = 59 maka didapat hasil nilai Asymp. Sig. = 0,000 dengan ketentuan jika nilai Asymp. Sig < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan nilai Asymp. Sig. = 0,000 < 0,05. Rata–rata sebelum pemberian layanan informasi yaitu 117,05 dan skor tertinggi setelah diberikan layanan informasi yaitu 134,49 sehingga selisih total nilai sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi yaitu 17,44 yang berarti terjadi peningkatan etika berkomunikasi siswa yaitu sebesar 14,89%, maka hipotesis diterima bahwa “ada pengaruh layanan informasi metode diskusi terhadap etika berkomunikasi siswa kelas X TPM di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Layanan Informasi; Etika; Komunikasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 31 May 2024 02:03
Last Modified: 31 May 2024 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58262

Actions (login required)

View Item
View Item