Cahyani, Dwi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLODING BOX POP UP 3D PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 016529 BP. MANDOGE KAL). ASAHAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1192111002_Cover.pdf
Download (191kB)
1192111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (946kB)
1192111002_Abstrak.pdf
Download (625kB)
1192111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
1192111002_Daftar_Isi.pdf
Download (227kB)
1192111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (155kB)
1192111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (90kB)
1192111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (108kB)
1192111002_BAB_I.pdf
Download (645kB)
1192111002_BAB_V.pdf
Download (203kB)
1192111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (131kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran exploding hox pop-up 3D yang layak digunakan dalam pembelajaran kelas IV Tema Pahlawaku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & development) menggunakan langkah-langkah pengembangan ADDIE (Analy:e, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada pengembangan ini subjek uji coba yakni dosen FIP UNIMED sebagai ahli materi dan ahli media serta ahli praktisi pendidikan guru kelas IV SDN 016529 Bp. Mandoge Kab, Asahan untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Data yang dikumpulkan berisikan skor validasi setiap tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran exp[oding box pop-up 3D mendapatkan skor kelayakan penilaian mencapai 78%. Hasil uji kepraktisan dengan melihat respon peserta didik pada tabel 4.14 diketahui media pembelajaran exploding box pop-up 3D mendapatkan skor kepraktisan dengan nilai 84,44% yang berarti media yang dikembangkan mudah untuk digunakan dalam pembelajaran kelas IV Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran l. Hasil uji keefektifan dengan melihat hasil pre-test peserta didik mendapatkan skor 33,28% kategori belum tuntas dan hasil pos-test mendapatkan skor 70,78% kategori tuntas. Sehingga memperoleh skor nilai keefektifan 71 ,42% dapat dikatakan efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi tematik Tema 5 Pahlawanku Subtema I Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran l . Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran exploding box pop-up 3D layak untuk pembelajaran kelas IV Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan pembelajaran 1
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Erploding Box Pop Up 3D, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 31 May 2024 01:21 |
Last Modified: | 31 May 2024 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58259 |