Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Swasta Betania Medan

Siregar, Friska Apriani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Swasta Betania Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196122010_Cover.pdf] Text
8196122010_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8196122010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196122010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 8196122010_Abstrak.pdf] Text
8196122010_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8196122010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196122010_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 8196122010_Daftar_Isi.pdf] Text
8196122010_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 8196122010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196122010_Daftar_Tabel.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 8196122010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196122010_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8196122010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196122010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8196122010_BAB_I.pdf] Text
8196122010_BAB_I.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 8196122010_BAB_V.pdf] Text
8196122010_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8196122010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196122010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran matematika yang berbasis multimedia dan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi Canva yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Swasta Betania Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan ASSURE. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket kebutuhan awal, angket validasi ahli materi, ahli media, ahli desain dan angket tanggapan siswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif (data penilaian angket kelayakan dan efektifitas produk) dan data kualitatif (data observasi dan dokumentasi). Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 89,16% untuk validasi ahli materi, 83,47% untuk validasi ahli media, 95% untuk validasi ahli desain dan 98,75% untuk hasil tanggapan siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 1,98 dan nilai t tabel yaitu 1,66, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis Canva ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Swasta Betania Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sir p
Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 23:48
Last Modified: 30 May 2024 23:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58255

Actions (login required)

View Item
View Item