Sinaga, Ester Hartina Ria (2023) Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Isolasi Dan Pemurnian Senyawa Alkaloid. Masters thesis, UNIMED.
8196141006_Cover.pdf
Download (180kB)
8196141006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (337kB)
8196141006_Abstrak.pdf
Download (252kB)
8196141006_Kata_Pengantar.pdf
Download (257kB)
8196141006_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
8196141006_Daftar_Tabel.pdf
Download (216kB)
8196141006_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
8196141006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
8196141006_BAB_I.pdf
Download (417kB)
8196141006_BAB_V.pdf
Download (247kB)
8196141006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (447kB)
Abstract
untuk membangun keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, serta melihat respon mahasiswa terhadap sumber belajar berbasis proyek dalam pembelajaran isolasi dan pemurnian senyawa alkaloid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan prodi kimia, dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi langsung, wawancara, angket dan tes hasil belajar, yang dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik
inferesnial yaitu uji t-one sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan bahwa sumber belajar yang digunakan mahasiswa berdasarkan kriteria BSNP diperoleh rata – rata sebesar 2,89 dinyatakan cukup layak namun sumber belajar masih membutuhkan perbaikan agar lebih inovatif. Sumber belaja berbasis proyek hasil pengembangan telah valid (layak) digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata – rata
keseluruhan sebesar 3,62 dalam skala 4,00. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan sumber belajar berbasis proyek telah mencapai kriteria N Gain tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,73 dan kemampuan berpikir tingkat
tinggi mahasiswa yang berdasarkan penilaian proposal proyek (M=83,15±1,71) dan laporan proyek (M=86,57±1,74) dalam kategori sangat baik. Respon mahasiswa terhadap penggunakan sumber belajar berbasis proyek pada materi isolasi dan pemurnian senyawa alkaloid sangat baik dengan rata- rata presentasi jawaban mahasiswa sebesar 87,3%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.207 2 Sin p |
Keywords: | Sumber belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan berpikir Tingkat Tinggi, Isolasi dan Pemurnian senyawa Alkaloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2024 14:42 |
Last Modified: | 30 May 2024 14:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58248 |