Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Isolasi Dan Pemurnian Senyawa Alkaloid

Sinaga, Ester Hartina Ria (2023) Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Isolasi Dan Pemurnian Senyawa Alkaloid. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196141006_Cover.pdf] Text
8196141006_Cover.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 8196141006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196141006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 8196141006_Abstrak.pdf] Text
8196141006_Abstrak.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 8196141006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196141006_Kata_Pengantar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 8196141006_Daftar_Isi.pdf] Text
8196141006_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8196141006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196141006_Daftar_Tabel.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 8196141006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196141006_Daftar_Gambar.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8196141006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196141006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 8196141006_BAB_I.pdf] Text
8196141006_BAB_I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 8196141006_BAB_V.pdf] Text
8196141006_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 8196141006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196141006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (447kB)

Abstract

untuk membangun keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, serta melihat respon mahasiswa terhadap sumber belajar berbasis proyek dalam pembelajaran isolasi dan pemurnian senyawa alkaloid.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang mahasiswa Universitas Negeri Medan prodi kimia, dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi langsung, wawancara, angket dan tes hasil belajar, yang dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik
inferesnial yaitu uji t-one sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kebutuhan bahwa sumber belajar yang digunakan mahasiswa berdasarkan kriteria BSNP diperoleh rata – rata sebesar 2,89 dinyatakan cukup layak namun sumber belajar masih membutuhkan perbaikan agar lebih inovatif. Sumber belaja berbasis proyek hasil pengembangan telah valid (layak) digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata – rata
keseluruhan sebesar 3,62 dalam skala 4,00. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan sumber belajar berbasis proyek telah mencapai kriteria N Gain tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,73 dan kemampuan berpikir tingkat
tinggi mahasiswa yang berdasarkan penilaian proposal proyek (M=83,15±1,71) dan laporan proyek (M=86,57±1,74) dalam kategori sangat baik. Respon mahasiswa terhadap penggunakan sumber belajar berbasis proyek pada materi isolasi dan pemurnian senyawa alkaloid sangat baik dengan rata- rata presentasi jawaban mahasiswa sebesar 87,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.207 2 Sin p
Keywords: Sumber belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan berpikir Tingkat Tinggi, Isolasi dan Pemurnian senyawa Alkaloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 14:42
Last Modified: 30 May 2024 14:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58248

Actions (login required)

View Item
View Item