Purba, Efrayandi (2023) Pengembangan Bahan Ajar Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Puisi Berbasis Budaya Lokal pada Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pematang Raya. Masters thesis, UNIMED.
8196192015_Cover.pdf
Download (145kB)
8196192015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (305kB)
8196192015_Abstrak.pdf
Download (144kB)
8196192015_Kata_Pengantar.pdf
Download (285kB)
8196192015_Daftar_Isi.pdf
Download (253kB)
8196192015_Daftar_Tabel.pdf
Download (143kB)
8196192015_Daftar_Gambar.pdf
Download (114kB)
8196192015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (128kB)
8196192015_BAB_I.pdf
Download (595kB)
8196192015_BAB_V.pdf
Download (281kB)
8196192015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (250kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks puisi yang dikaitkan dengan budaya lokal Simalungun, terkhusus pada kesenian-kesenian yang saat ini masih dilestarikan pada masyarakat Simalungun yang tepatnya di Pematang Raya. Penelitian ini menghasilkan produk berbentuk bahan ajar teks menulis puisi berbasis budaya lokal Simalungun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan proses bahan ajar teks
menulis puisi berbasis Budaya Lokal Simalungun, 2) untuk mendeskripsikan bentuk bahan ajar teks menulis puisi berbasis Budaya Lokal Simalungun, dan 3) untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks menulis puisi berbasis Budaya Lokal Simalungun, 4) untuk mendeskripsikan efektivitas bahan ajar teks menulis puisi berbasis Budaya Lokal Simalungun Kebermanfaatan bahan ajar teks menulis
puisi berbasis budaya lokal Simalungun memiliki kriteria baik sebagai buku pendamping pembelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 81,14%. Hasil validasi ahli materi secara keseluruhan mendapat 88,08% dengan kategori sangat
baik. Terkait penilaian isi mendapat 88,79% dengan katagori sangat baik, kelayakan penyajian mendapatkan 88,54% dengan katagori sangat baik, penilaian bahasa mendapatkan 87,5% dengan kriteria baik, penilaian kesesuaian tema dengan bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan 87,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian desain mendapatkan 81,03% dengan katagori baik. Penelitian ini memiliki mplikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, dan bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 Pur p |
Keywords: | Bahan Ajar, Teks Puisi, Budaya Lokal Simalungun. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2024 13:45 |
Last Modified: | 30 May 2024 13:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58245 |