Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi Pada Anak Broken Home Siswa Kelas X MIA 5 SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Purba, Carolina Murni Maruttung (2023) Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi Pada Anak Broken Home Siswa Kelas X MIA 5 SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193351058_Cover.pdf] Text
1193351058_Cover.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 1193351058_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351058_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 1193351058_Abstrak.pdf] Text
1193351058_Abstrak.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 1193351058_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351058_Kata_Pengantar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 1193351058_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351058_Daftar_Isi.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1193351058_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351058_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193351058_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351058_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193351058_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351058_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1193351058_BAB_I.pdf] Text
1193351058_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 1193351058_BAB_V.pdf] Text
1193351058_BAB_V.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1193351058_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351058_Daftar_Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan realita terhadap kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak broken home. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah 5 orang siswa yang broken home kelas X MIA 5 SMA Negeri 7 dengan skor kepercayaan diri dalam bersosialisasi sangat rendah dan
rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur kepercayaan diri dalam bersosialisasi pada anak broken home. Item pernyataan angket yang sudah valid sebanyak 42 item. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok pendekatan realita. Peningkatan kepercayaan
diri dalam bersosialisasi pada siswa broken home setelah diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok pendekatan realita dengan nilai rata-rata pretest
secara keseluruhan sebesar 104,6 berada pada kategori rendah sedangkan nilai rata-rata pada post-test secara keseluruhan sebesar 133,6 berada pada kategori tinggi dengan selisih poin 29. Dari uji wilcoxon menunjukkan bahwa pada uji jenjang dengan α = 0,05 dan N = 5 diperoleh Jhitung < Jtabel = 0 < 1 maka hipotesis diterima. Sehingga, ada Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi Pada Anak Broken Home Siswa Kelas X MIA 5 SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok Pendekatan Realita; Kepercayaan Diri Dalam Bersosialisasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180 Experimental psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 06:49
Last Modified: 30 May 2024 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58208

Actions (login required)

View Item
View Item