Indriani, Desy (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya dan Gerak Benda Kelas IV SDN 05 Binanga Dua. Masters thesis, UNIMED.
8196182030_Cover.pdf
Download (64kB)
8196182030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (555kB)
8196182030_Abstrak.pdf
Download (84kB)
8196182030_Kata_Pengantar.pdf
Download (151kB)
8196182030_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
8196182030_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
8196182030_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
8196182030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (153kB)
8196182030_BAB_I.pdf
Download (316kB)
8196182030_BAB_V.pdf
Download (163kB)
8196182030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (201kB)
Abstract
Permasalahan yang terjadi yaitu adanya penggunaan LKPD yang belum maksimal dalam proses pembelajaran. LKPD yang demikian tidak bersifat interaktif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar dan kemampuan memecahkan masalah IPA peserta didik kelas IV di SDN 05 Binanga Dua. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development,Implementation, Evaluation. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa Proses
pembuatan menghasilkan LKPD berbasis pendekatan STEM materi gaya dan gerak benda untuk peserta didik kelas IV dengan prosedur pengembangan ADDIE yang berkualitas dan sahih (valid). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi
uji kelayakan LKPD berdasarkan penilaian dari tiga validator yaitu hasil validasi ahli materi pembelajaran sebesar 88,23% dengan klasifikasi sangat layak, hasil validasi ahli bahasa sebesar 83,03% dengan klasifikasi sangat layak,hasil validasi ahli desain penyajian sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat layak. Selanjutnya dilakukan uji kelayakan pada kelompok kecil mendapatkan data presentase sebesar 84,6% dan dilakukan kembali uji coba pada kelompok besar dengan hasil presentase 89,25% sebagai penguat penilaian kelayakan dilakukan penilaian oleh wali kelas dengan hasil presentase 90%. Sehingga berdasarkan validitas produk LKPD menunjukkan hasil yang sangat valid yang menunjukkan produk LKPD sangat layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ind p |
Keywords: | Pengembangan, LKPD, STEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:50 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58200 |