Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya dan Gerak Benda Kelas IV SDN 05 Binanga Dua

Indriani, Desy (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya dan Gerak Benda Kelas IV SDN 05 Binanga Dua. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196182030_Cover.pdf] Text
8196182030_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 8196182030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196182030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 8196182030_Abstrak.pdf] Text
8196182030_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8196182030_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196182030_Kata_Pengantar.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 8196182030_Daftar_Isi.pdf] Text
8196182030_Daftar_Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8196182030_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196182030_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 8196182030_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196182030_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8196182030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196182030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 8196182030_BAB_I.pdf] Text
8196182030_BAB_I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 8196182030_BAB_V.pdf] Text
8196182030_BAB_V.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 8196182030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196182030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (201kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu adanya penggunaan LKPD yang belum maksimal dalam proses pembelajaran. LKPD yang demikian tidak bersifat interaktif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar dan kemampuan memecahkan masalah IPA peserta didik kelas IV di SDN 05 Binanga Dua. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development,Implementation, Evaluation. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa Proses
pembuatan menghasilkan LKPD berbasis pendekatan STEM materi gaya dan gerak benda untuk peserta didik kelas IV dengan prosedur pengembangan ADDIE yang berkualitas dan sahih (valid). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi
uji kelayakan LKPD berdasarkan penilaian dari tiga validator yaitu hasil validasi ahli materi pembelajaran sebesar 88,23% dengan klasifikasi sangat layak, hasil validasi ahli bahasa sebesar 83,03% dengan klasifikasi sangat layak,hasil validasi ahli desain penyajian sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat layak. Selanjutnya dilakukan uji kelayakan pada kelompok kecil mendapatkan data presentase sebesar 84,6% dan dilakukan kembali uji coba pada kelompok besar dengan hasil presentase 89,25% sebagai penguat penilaian kelayakan dilakukan penilaian oleh wali kelas dengan hasil presentase 90%. Sehingga berdasarkan validitas produk LKPD menunjukkan hasil yang sangat valid yang menunjukkan produk LKPD sangat layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Ind p
Keywords: Pengembangan, LKPD, STEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 04:50
Last Modified: 30 May 2024 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58200

Actions (login required)

View Item
View Item