Simatupang, Debby Latifah (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan. Masters thesis, UNIMED.
8196122009_Cover.pdf
Download (144kB)
8196122009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (376kB)
8196122009_Abstrak.pdf
Download (142kB)
8196122009_Kata_Pengantar.pdf
Download (224kB)
8196122009_Daftar_Isi.pdf
Download (169kB)
8196122009_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
8196122009_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
8196122009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
8196122009_BAB_I.pdf
Download (405kB)
8196122009_BAB_V.pdf
Download (237kB)
8196122009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan perlunya pengembangan media pembelajaran pada pembelajaran sistem komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar observasi guru dan siswa, angket validasi ahli materi, ahli media, ahli desain dan angket tanggapan siswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif (data penilaian angket kelayakan dan efektifitas produk) dan data kualitatif (data observasi dan dokumentasi). Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 85,88% untuk validasi ahli materi, 89,41% untuk validasi ahli media, 86,25% untuk validasi ahli desain dan 96,25% untuk hasil tanggapan siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 1,84 dan nilai t tabel yaitu 1,66, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sib p |
Keywords: | Media Interaktif, Hasil Belajar, Sistem Komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:45 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58199 |