Pengembangan Media Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan

Simatupang, Debby Latifah (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196122009_Cover.pdf] Text
8196122009_Cover.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 8196122009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196122009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 8196122009_Abstrak.pdf] Text
8196122009_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8196122009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196122009_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 8196122009_Daftar_Isi.pdf] Text
8196122009_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8196122009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196122009_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8196122009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196122009_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8196122009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196122009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8196122009_BAB_I.pdf] Text
8196122009_BAB_I.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 8196122009_BAB_V.pdf] Text
8196122009_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 8196122009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196122009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan perlunya pengembangan media pembelajaran pada pembelajaran sistem komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar observasi guru dan siswa, angket validasi ahli materi, ahli media, ahli desain dan angket tanggapan siswa. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif (data penilaian angket kelayakan dan efektifitas produk) dan data kualitatif (data observasi dan dokumentasi). Hasil validasi produk menunjukkan persentase skor sebesar 85,88% untuk validasi ahli materi, 89,41% untuk validasi ahli media, 86,25% untuk validasi ahli desain dan 96,25% untuk hasil tanggapan siswa. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data penelitian telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan perolehan nilai t hitung yaitu 1,84 dan nilai t tabel yaitu 1,66, dimana t hitung > t tabel. Perolehan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sib p
Keywords: Media Interaktif, Hasil Belajar, Sistem Komputer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 04:45
Last Modified: 30 May 2024 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58199

Actions (login required)

View Item
View Item