Putra, Azzuhri Surya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Hypermedia berbasis I-Spring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 2 Kelas III SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311133_Cover.pdf
Download (129kB)
1193311133_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (687kB)
1193311133_Abstrak.pdf
Download (249kB)
1193311133_Kata_Pengantar.pdf
Download (98kB)
1193311133_Daftar_Isi.pdf
Download (507kB)
1193311133_Daftar_Gambar.pdf
Download (288kB)
1193311133_Daftar_Tabel.pdf
Download (297kB)
1193311133_Daftar_Lampiran.pdf
Download (437kB)
1193311133_BAB_I.pdf
Download (863kB)
1193311133_BAB_V.pdf
Download (574kB)
1193311133_Daftar_Pustaka.pdf
Download (426kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang menggunakan 4 tahap yaitu: Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Desseminate (penyebaran). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas dan keefektifan media pembelajaran Hypermedia berbasisi I-Spring terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 2 kelas III Sd Muhammadiyah 1 Aek Kanopan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 bulan yang masing-masing terdiri dari 3 kegiatan sebagai berikut: (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap akhir penelitian. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan kec. Kualuh Hulu kab. Labura, Jumlah subjek dalam pelaksanaan penelitian ini sebanyak 25 orang siswa yang terdiri dari 1 kelas. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran hypermedia berbasis I-Spring terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 2 dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil validasi materi pada tahap 1 yakni 60% dan pada tahap 2 yakni 86% dengan rata-rata persentase kelayakan 73% yang menunjukkan kategori “layak digunakan tanpa revisi”, sedangkan hasil validasi media pada tahap 1 yakni 60% dan tahap 2 yakni 90% dengan rata-rata persentase kelayakan 75% yang menunjukkan kategori “sangat layak digunakan tanpa revisi”. Respon siswa terhadap media ini di mana pada persentase kelayakan 61%-80% terdapat 8 siswa, dan pada persentase kelayakan 81%-100% terdapat 18 siswa. Maka media pembelajaran hypermedia berbasis I-Spring terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 2 dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil Gain yaitu 0,61 dan termasuk dalam kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | I-Spring; Hasil Belajar; Model Pengembangan 4-D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 30 May 2024 04:19 |
Last Modified: | 30 May 2024 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58185 |