Pengembangan Bahan Ajar Konseling Tema Kepedulian Sosial (Social Care) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Sitepu, Azura Asnim (2023) Pengembangan Bahan Ajar Konseling Tema Kepedulian Sosial (Social Care) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193151037_Cover.pdf] Text
1193151037_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 1193151037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193151037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 1193151037_Abstrak.pdf] Text
1193151037_Abstrak.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1193151037_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193151037_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1193151037_Daftar_Isi.pdf] Text
1193151037_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1193151037_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193151037_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193151037_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193151037_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193151037_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193151037_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193151037_BAB_I.pdf] Text
1193151037_BAB_I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 1193151037_BAB_V.pdf] Text
1193151037_BAB_V.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar konseling tema kepedulian sosial (social care) yang valid, praktis dan efektif pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four D). Adapun langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah ahli bahasa, desain grafis, materi, guru bimbingan konseling dan siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan guru bimbingan konseling, instrumen tema kepedulian sosial siswa, instrumen ahli bahasa, desain grafis, materi, kepraktisan dan keefektifan. Hasil
yang diperoleh dari ahli bahasa yaitu 21 dengan nilai rata-rata 87,5% yang tergolong kategori “Sangat Layak”, dari ahli desain grafis memperoleh skor total 31 dengan nilai rata-rata 86,11% yang tergolong kategori “Sangat Layak”, dari ahli materi memperoleh skor total 91 dengan nilai rata-rata 91,00% yang tergolong kategori “Sangat Layak”. Untuk tingkat kepraktisan bahan ajar dinilai oleh guru bimbingan konseling di SMA Negeri 18 Medan. Hasil penilaian skor total yang diperoleh pada uji kepraktisan adalah 12 dengan nilai rata-rata 92,3% yang tergolong kategori “Sangat Praktis” dan Hasil penilaian skor total yang diperoleh pada uji keefektifan adalah 22 dengan nilai rata-rata 91,6% yang tergolong dalam kategori “Sangat Efektif”. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tema kepedulian sosial (social care) yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Konseling; Kepedulian Sosial; 4D.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 04:07
Last Modified: 30 May 2024 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58180

Actions (login required)

View Item
View Item