Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 7-8 Tahun di Kecamatan Percut Sei Tuan

Ramadhani, Putri Dika (2023) Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 7-8 Tahun di Kecamatan Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1163171026_Cover.pdf] Text
1163171026_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1163171026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1163171026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of 1163171026_Abstrak.pdf] Text
1163171026_Abstrak.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 1163171026_Kata_Pengantar.pdf] Text
1163171026_Kata_Pengantar.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 1163171026_Daftar_Isi.pdf] Text
1163171026_Daftar_Isi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1163171026_Daftar_Tabel.pdf] Text
1163171026_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1163171026_Daftar_Gambar.pdf] Text
1163171026_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1163171026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1163171026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1163171026_BAB_I.pdf] Text
1163171026_BAB_I.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 1163171026_BAB_V.pdf] Text
1163171026_BAB_V.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1163171026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1163171026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap kemampuan membaca anak usia 7-8 tahun di desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Pre-Exsperimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 7-8 tahun di desa Percut yaitu berjumlah 253 anak, sedangkan sampel penelitian dilakukan dengan sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi struktur, dan analisis data yang digunakan ialah analisis deskripsi dan impersial dengan uji t dengan taraf nyata. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen sesudah perlakuan 12,96 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 10, sehingga kemampuan membaca cukup tinggi di banding nilai pada kelas eksperimen sebelum perlakuan yaitu 7,24 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 5, dari adanya perbedaan kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah dilakukannya treatmen. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa bimbingan belajar berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak yaitu dari hasil hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 60,85>1,711 pada taraf Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar dapat mempengaruhi kemampuan membaca anak usia 7-8 tahun di desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Belajar, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 30 May 2024 04:54
Last Modified: 30 May 2024 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58175

Actions (login required)

View Item
View Item