Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP AN-Nizam T.A 2022/2023

Maryani, Cut Sry (2023) Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP AN-Nizam T.A 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196171014_Cover.pdf] Text
8196171014_Cover.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 8196171014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196171014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 8196171014_Abstrak.pdf] Text
8196171014_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 8196171014_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196171014_Kata_Pengantar.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 8196171014_Daftar_Isi.pdf] Text
8196171014_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8196171014_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196171014_Daftar_Tabel.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 8196171014_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196171014_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8196171014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196171014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8196171014_BAB_I.pdf] Text
8196171014_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 8196171014_BAB_V.pdf] Text
8196171014_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 8196171014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196171014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Validitas bahan ajar yang dikembangkan berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self-efficacy siswa, (2) Kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self-efficacy siswa, (3) Keefektifitas bahan ajar yang dikembangkan berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self-efficacy siswa, (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME, (5) Peningkatan Self-efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis RME. Peneitian ini merupakan penelitian pengembangan. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Kevalidan dengan rata-rata validitas Buku Guru sebesar 4,4 dalam kategori valid, dan rata-rata validitas lembar kerja peserta didik sebesar 4,5 dalam kategori valid pada uji coba I dan Kevalidan dengan rata-rata validitas Buku Guru sebesar 4,3 dalam kategori valid, dan rata-rata validitas lembar kerja peserta didik sebesar 4,5 dalam kategori valid pada uji coba II, (2) Kepraktisan ditinjau dari a) Tim ahli atau validator yang menyatakan bahwa Bahan Ajar dapat digunakan dengan revisi kecil, dan b) Pada uji coba I keterlaksanaan Bahan Ajar pada kriteria rata-rata keterlaksanaan pembelajaran (IO) pada kriteria = 4,1 dalam kategori baik, dan pada uji coba II keterlaksanaan pembelajaran (IO) pada kriteria = 4,2 dalam kategori baik, (3) Keefektifitas ditinjau dari, a) Ketuntasan klasikal pada uji coba I hanya 13% atau 4 siswa dari 30 siswa dinyatakan tuntas telah menjawab soal pretest dan ketuntasan klasikal pada uji coba I 63% atau 18 siswa dari 30 siswa dinyatakan tuntas telah menjawab soal posttest. Sedangkan Ketuntasan klasikal pada uji coba II 80% atau 24 siswa dari 30 siswa dinyatakan tuntas telah menjawab soal pretest dan ketuntasan klasikal pada uji coba II 83% atau 25 siswa dari 30 siswa dinyatakan tuntas telah menjawab soal posttest, b) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada uji coba I memperoleh rata-rata 3,7 atau dalam kategori Baik. Sedangkan pasa uji coba II memperoleh rata-rata 4,4 atau dalam kategori baik dan, c) Respon siswa terhadap pembelajaran pada uji coba I masih dibawah 75% yaitu 60% dalam kategori belum efektif, sedangkan pada uji coba II lebih dari 80 % yaitu 86% maka kategori sudah efektif, (4) Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah siswa di SMP AN-Nizam Medan yang diajarkan dengan menggunakan Bahan Ajar berbasis RME dinyatakan meningkat dari Uji Coba I ke Uji Coba II dilihat dari N-gain pada Uji Coba I sebesar 0,2 dalam kategori rendah meningkat menjadi 0,5 dalam kategori sedang pada Uji Coba II, (5) Peningkatan self-Efficacy siswa setelah penerapan Bahan Ajar berbasis RME yang dikembangkan rata- rata hasil Self-Efficacy siswa dari uji coba I ke uji coba II. Pada uji coba I rata- rata Self-Efficacy siswa sebesar 79,71 dalam kategori Sedang sedangkan pada uji coba II rata-rata Self-Efficacy siswa meningkat menjadi 80,17 dalam kategori Tinggi. Adanya peningkatan Self-Efficacy siswa dari 79, 71 menjadi 80, 17.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Mar p
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-Efficacy, RME, Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2024 03:32
Last Modified: 30 May 2024 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58170

Actions (login required)

View Item
View Item