Doloksaribu, Paskaria (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113342020 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2.NIM. 5113342020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM. 5113342020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 5113342020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5.NIM. 5113342020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 5113342020 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 5113342020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8.NIM. 5113342020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 5113342020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
13. NIM. 5113342020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 5113342020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi potongan sayuran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi potongan sayuran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar di kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar, 3) untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media gambar Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Boga 1 dan kelas X Boga 2 yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 64 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes materi potongan sayuran. Persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada materi potongan sayuran pada kelas ekperimen (menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar) diperoleh nilai rata- rata sebesar 77,70 dan standar deviasi 5,32 dengan tingkat kecenderungan nilai yang cukup sebesar 30% dan tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) diperoleh nilai rata-rata 68,59 dan standar deviasi 6,90. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 5,856 dengan ttabel pada dk 62 yaitu sebesar 2,00. Maka thitung > ttabel yaitu (5,856 > 2,00), yang artinya bahwa Hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar terhadap hasil belajar boga dasar pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 033 |
Keywords: | Media Gambar; Potongan Sayur; Mind Mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TR Photography |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 05:01 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5817 |