BR Harahap, Ayu Lestari (2023) Analisis Pola Asuh Orang Tua Ditinjau Dari Kemandirian Anak Usia 5-6 tahun Di TK Negeri Pembina 2 Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1181113020_Cover.pdf
Download (246kB)
1181113020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (779kB)
1181113020_Abstrak.pdf
Download (448kB)
1181113020_Kata_Pengantar.pdf
Download (289kB)
1181113020_Daftar_Isi.pdf
Download (252kB)
1181113020_Daftar_Gambar.pdf
Download (252kB)
1181113020_Daftar_Tabel.pdf
Download (321kB)
1181113020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (224kB)
1181113020_BAB_I.pdf
Download (497kB)
1181113020_BAB_V.pdf
Download (252kB)
1181113020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola asuh orang tua ditinjau dari kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini seluruh anak kelas pelangi yang berjumlah 12 orang anak dan 12 orang tua anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak kelas pelangi di TK Negeri Pembina 2 Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai adalah kemandirian anak ditinjau dari pola asuh otoriter menunjukkan bahwa terdapat 2
anak (responden B dan H) yang kemandirian anak kurang berkembang sesuai yang diharapkan atau kurang mandiri. Pola asuh otoriter yang diberikan orang tua yaitu orang tua melarang dan mengekang anak dengan menuntut anak untuk
menuruti semua peraturan yang telah dibuat oleh orang tua. Kemandirian anak ditinjau dari pola asuh permisif menunjukkan terdapat 3 anak (responden C, E, I) yang kemandirian anak belum berkembang sesuai yang diharapkan atau kurang
mandiri. Pola asuh permisif yang diterapkan orang tua cenderung memberikan kebebasan dalam segala hal yang anak lakukan, serta memanjakan anak dengan menuruti semua yang anak inginkan. Kemandirian anak ditinjau dari pola asuh
demokratis menunjukkan bahwa terdapat 7 anak (responden A, D, F, G, J, K, L) yang kemandirian anak sudah berkembang sesuai harapan atau sudah mandiri. Pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua memberikan kebebasan kepada anak, tapi orang tua tetap mengawasi dan mengontrol anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pola Asuh Orang tua; Kemandirian Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:20 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58164 |