Maharani, Atika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 1 Subtema 1 Siswa Kelas V Sdn 101786 Helvetia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192111004_Cover.pdf
Download (76kB)
1192111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1192111004_Abstrak.pdf
Download (130kB)
1192111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (176kB)
1192111004_Daftar_Isi.pdf
Download (214kB)
1192111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1192111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
1192111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1192111004_BAB_I.pdf
Download (302kB)
1192111004_BAB_V.pdf
Download (125kB)
1192111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (220kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik tema 1 subtema 1 siswa kelas V SDN 101786 Helvetia. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101786 Helvetia yang berjumlah 51 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VB dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah tes dan observasi. Hasil perhitungan uji-t menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan perolehan thitung (6,718) > ttabel (2,009) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tema 1 subtema 1 siswa kelas V SDN 101786 Helvetia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | problem based learning; hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:01 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58155 |