Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 1 Subtema 1 Siswa Kelas V Sdn 101786 Helvetia

Maharani, Atika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 1 Subtema 1 Siswa Kelas V Sdn 101786 Helvetia. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192111004_Cover.pdf] Text
1192111004_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 1192111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1192111004_Abstrak.pdf] Text
1192111004_Abstrak.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1192111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1192111004_Daftar_Isi.pdf] Text
1192111004_Daftar_Isi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1192111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1192111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1192111004_BAB_I.pdf] Text
1192111004_BAB_I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 1192111004_BAB_V.pdf] Text
1192111004_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1192111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik tema 1 subtema 1 siswa kelas V SDN 101786 Helvetia. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101786 Helvetia yang berjumlah 51 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VB dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah tes dan observasi. Hasil perhitungan uji-t menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan perolehan thitung (6,718) > ttabel (2,009) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tema 1 subtema 1 siswa kelas V SDN 101786 Helvetia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: problem based learning; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 02:01
Last Modified: 30 May 2024 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58155

Actions (login required)

View Item
View Item