Pengembangan Media Video Animasi Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Budi Murni 2 Medan.

Simanjuntak, Arnika (2023) Pengembangan Media Video Animasi Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Budi Murni 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193313024_Cover.pdf] Text
1193313024_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1193313024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193313024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 1193313024_Abstrak.pdf] Text
1193313024_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1193313024_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193313024_Kata_Pengantar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1193313024_Daftar_Isi.pdf] Text
1193313024_Daftar_Isi.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1193313024_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193313024_Daftar_Gambar.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1193313024_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193313024_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1193313024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193313024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1193313024_BAB_I.pdf] Text
1193313024_BAB_I.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1193313024_BAB_V.pdf] Text
1193313024_BAB_V.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 1193313024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193313024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (64kB)

Abstract

Beberapa peserta didik di kelompok A sukar dalam membedakan jenis-jenis hurufmenjadikan latar belakang dilakukannya penelitian ini yang bertujuan untuk menilai kelayakan dan keefektifan penggunaan media video animasi sebagai alat
bantu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini termasuk dalam ranah penelitian pengembangan (Research & Design), khususnya menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Peserta didik kelas A di TK Budi Murni 2
Medan merupakan subjek penelitian, sedangkan fokus penelitian adalah media video animasi. Proses validasi melibatkan para ahli media, ahli materi, dan ahli kepraktisan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi sangat layak, dengan ahli media memberikan penilaian kelayakan keseluruhan sebesar 80% dengan kualifikasi layak. Ahli materi memberikan penilaian kelayakan sebesar 96%, yang menandakan status sangat layak. Selain itu, para ahli kepraktisan media, termasuk umpan balik dari para guru, menganggap media ini sangat praktis, dengan nilai kepraktisan 92% dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video animasi sangat layak dan praktis digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca
permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Murni 2 Medan, sehingga dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Video Animasi; Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 30 May 2024 01:50
Last Modified: 30 May 2024 01:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58153

Actions (login required)

View Item
View Item