Simanjuntak, Arnika (2023) Pengembangan Media Video Animasi Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Budi Murni 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193313024_Cover.pdf
Download (61kB)
1193313024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
1193313024_Abstrak.pdf
Download (64kB)
1193313024_Kata_Pengantar.pdf
Download (3MB)
1193313024_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
1193313024_Daftar_Gambar.pdf
Download (35kB)
1193313024_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
1193313024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
1193313024_BAB_I.pdf
Download (202kB)
1193313024_BAB_V.pdf
Download (78kB)
1193313024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (64kB)
Abstract
Beberapa peserta didik di kelompok A sukar dalam membedakan jenis-jenis hurufmenjadikan latar belakang dilakukannya penelitian ini yang bertujuan untuk menilai kelayakan dan keefektifan penggunaan media video animasi sebagai alat
bantu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini termasuk dalam ranah penelitian pengembangan (Research & Design), khususnya menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Peserta didik kelas A di TK Budi Murni 2
Medan merupakan subjek penelitian, sedangkan fokus penelitian adalah media video animasi. Proses validasi melibatkan para ahli media, ahli materi, dan ahli kepraktisan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi sangat layak, dengan ahli media memberikan penilaian kelayakan keseluruhan sebesar 80% dengan kualifikasi layak. Ahli materi memberikan penilaian kelayakan sebesar 96%, yang menandakan status sangat layak. Selain itu, para ahli kepraktisan media, termasuk umpan balik dari para guru, menganggap media ini sangat praktis, dengan nilai kepraktisan 92% dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video animasi sangat layak dan praktis digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca
permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Murni 2 Medan, sehingga dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Animasi; Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:50 |
Last Modified: | 30 May 2024 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58153 |