Harahap, Annisa Nurjannah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT PADA TEMA 1 SISWA KELAS V SD NEGERI 106810 DESA SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1191111066_Cover.pdf
Download (57kB)
1191111066_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (917kB)
1191111066_Abstrak.pdf
Download (212kB)
1191111066_Kata_Pengantar.pdf
Download (349kB)
1191111066_Daftar_Isi.pdf
Download (291kB)
1191111066_Daftar_Tabel.pdf
Download (113kB)
1191111066_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
1191111066_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
1191111066_BAB_I.pdf
Download (351kB)
1191111066_BAB_V.pdf
Download (208kB)
1191111066_Daftar_Pustaka.pdf
Download (303kB)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin pesat menuntut kreatvitas dan dorongan guru untuk melakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang menarik oleh karna itu seorang guru juga dituntut mampu mengoperasikan alat alat pendukung pembelajaran yang ada disekolah salah satunya alat yang digunakan yaitu powerpoint. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran multimedia berbasis powerpoint siswa kelas V SD Negeri 106810 Desa Sampali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE, adapun prosedur penelitian ini adalah analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106810 Desa Sampali sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan,dan soal tes. Hasil penelitian media pembelajaran multimedia berbasis powerpoint siswa kelas V SD Negeri 106810 Desa Sampali termasuk “Sangat Layak” dengan rincian nilai rata-rata yang diberikan oleh ahli materi 80% dan hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata 94% kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil kepraktisan media pembelajaran multimedia berbasis powerpoint siswa oleh praktisi pendidikan memperoleh nilai rata-rata 77 % kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan uji keefektifan media pembelajaran multimedia berbasis powerpoint yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan media pembelajaan multimedia berbasis power point siswa mendapat nilai rata-rata 39,75% meningkat menjadi 90,25%. Berdasarkan penelitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia berbasis powerpoint ini sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Mutimedia, Power Point, Tema 1 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:05 |
Last Modified: | 29 May 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58130 |