Pengaruh Tata Ruang Ergonomis Pada Kamar Terhadap Konsentrasi Belajar Santri Di Asrama Putri Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekan Baru

Suratmi, Apriyanti (2023) Pengaruh Tata Ruang Ergonomis Pada Kamar Terhadap Konsentrasi Belajar Santri Di Asrama Putri Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekan Baru. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191171004_Cover.pdf] Text
1191171004_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 1191171004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191171004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of 1191171004_Abstrak.pdf] Text
1191171004_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1191171004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191171004_Kata_Pengantar.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 1191171004_Daftar_Isi.pdf] Text
1191171004_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1191171004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191171004_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1191171004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191171004_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1191171004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191171004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1191171004_BAB_I.pdf] Text
1191171004_BAB_I.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 1191171004_BAB_V.pdf] Text
1191171004_BAB_V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1191171004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191171004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tata ruang ergonomis pada kamar santri, konsentrasi belajar santri, dan untuk mengetahui pengaruh tata ruang terhadap konsentrasi belajar. Teori yang digunakan yaitu konsentrasi belajar dari Sumartono (dalam Aprilia Diana, 2014) dan tata ruang ergonomis dari Bridger (2008). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 50 santri putri usia 13-18 tahun. Teknik pengumpulan data dengan angket Tata Ruang ergonomis 20 pernyataan dan Konsentrasi Belajar 20 pernyataan. Teknik pengelolaan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji kecenderungan, uji korelasi, dan uji hipotesis. Untuk uji analisis data menggunakan uji t pada uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: variabel tata ruang ergonomis memiliki nilai rata-rata 54,6 yang tergolong dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil perhitungan data variabel konsentrasi belajar memiliki nilai rata-rata 60,3 yang tergolong dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil perhitungan data tata ruang ergonomis dan konsentrasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi belajar santri di asrama putri Pondok Pesantren Dar-El Hikmah. Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa thitung < ttabel dimana -3,792 < -1,660, artinya hipotesis ditolak. Maka hal ini dapat menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh tata ruang ergonomis pada kamar terhadap konsentrasi belajar santri atau hipotesis tidak diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tata Ruang Ergonomis; Konsentrasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 29 May 2024 03:39
Last Modified: 29 May 2024 03:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58122

Actions (login required)

View Item
View Item