Suratmi, Apriyanti (2023) Pengaruh Tata Ruang Ergonomis Pada Kamar Terhadap Konsentrasi Belajar Santri Di Asrama Putri Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekan Baru. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1191171004_Cover.pdf
Download (66kB)
1191171004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (936kB)
1191171004_Abstrak.pdf
Download (240kB)
1191171004_Kata_Pengantar.pdf
Download (411kB)
1191171004_Daftar_Isi.pdf
Download (238kB)
1191171004_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
1191171004_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
1191171004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
1191171004_BAB_I.pdf
Download (672kB)
1191171004_BAB_V.pdf
Download (245kB)
1191171004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tata ruang ergonomis pada kamar santri, konsentrasi belajar santri, dan untuk mengetahui pengaruh tata ruang terhadap konsentrasi belajar. Teori yang digunakan yaitu konsentrasi belajar dari Sumartono (dalam Aprilia Diana, 2014) dan tata ruang ergonomis dari Bridger (2008). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 50 santri putri usia 13-18 tahun. Teknik pengumpulan data dengan angket Tata Ruang ergonomis 20 pernyataan dan Konsentrasi Belajar 20 pernyataan. Teknik pengelolaan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji kecenderungan, uji korelasi, dan uji hipotesis. Untuk uji analisis data menggunakan uji t pada uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: variabel tata ruang ergonomis memiliki nilai rata-rata 54,6 yang tergolong dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil perhitungan data variabel konsentrasi belajar memiliki nilai rata-rata 60,3 yang tergolong dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil perhitungan data tata ruang ergonomis dan konsentrasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi belajar santri di asrama putri Pondok Pesantren Dar-El Hikmah. Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa thitung < ttabel dimana -3,792 < -1,660, artinya hipotesis ditolak. Maka hal ini dapat menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh tata ruang ergonomis pada kamar terhadap konsentrasi belajar santri atau hipotesis tidak diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tata Ruang Ergonomis; Konsentrasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:39 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58122 |