Simamora, Tetris Meilita (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113142042. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02. NIM. 5113142042. LERMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
03. NIM. 5113142042. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
04. NIM. 5113142042. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
05. NIM. 5113142042. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
06. NIM. 5113142042. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
07. NIM. 5113142042. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM. 5113142042. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
09. NIM. 5113142042. BAB I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM. 5113142042. BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM. 5113142042. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran Konvensional pada materi pengetahuan bahan makanan nabati siswa kelas X tata boga SMK Negeri 8 Medan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sample dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas X boga 6 sebagai kelas eksperimen dan X boga 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test pilihan berganda sebanyak 38 soal yang telah diuji cobakan dan dianalisis terlebih dahulu. Data diambil dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa dan selanjutnya dianalisis untuk menguji hipotesis dengan rumus statistik.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sesudah diberikan perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) hasilnya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest dari kelas eksperimen 87,86 dan kelas kontrol sebesar 76,52. Dari hasil analisis uji hipotesis dengan taraf α = 0,05 dan dk 70 data perbandingan nilai posttest dari kedua kelas didapat bahwa harga thitung > ttabel (6,63 >1,67) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model Konvensional pada pelajaran pengetahuan bahan makanan siswa kelas X tata boga SMK Negeri 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BOGA 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL);Hasil Belajar; Bahan Makan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 04:21 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5812 |