Pengembangan Media Museum Virtual Menggunakan Web Artsteps Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMAS Dharmawangsa Medan TP. 2023/2024

Yusraini, Rina (2023) Pengembangan Media Museum Virtual Menggunakan Web Artsteps Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMAS Dharmawangsa Medan TP. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3191121005_Cover.pdf] Text
3191121005_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 3191121005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3191121005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of 3191121005_Abstrak.pdf] Text
3191121005_Abstrak.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 3191121005_Kata_Pengantar.pdf] Text
3191121005_Kata_Pengantar.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 3191121005_Daftar_Isi.pdf] Text
3191121005_Daftar_Isi.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 3191121005_Daftar_Gambar.pdf] Text
3191121005_Daftar_Gambar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 3191121005_Daftar_Tabel.pdf] Text
3191121005_Daftar_Tabel.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 3191121005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3191121005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 3191121005_BAB_I.pdf] Text
3191121005_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 3191121005_BAB_V.pdf] Text
3191121005_BAB_V.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 3191121005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3191121005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan media museum virtual yang layak pada pembelajaran sejarah, (2) Menghasilkan media museum virtual yang efektif pada pembelajaran sejarah. Penelitian pengembangan ini mengarah kepada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Dick and Carry yaitu ADDIE. Prosedur pengembangnya yaitu Analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek uji coba lapangan sebanyak 33 siswa kelas XI MIPA-9 SMAS Dharmawangsa Medan. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media museum virtual dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dengan perolehan skor ahli materi 94,4%, skor ahli media 87,5%, skor uji coba kelompok sedang 95%, uji coba kelompok besar 87% sehingga kelayakan media museum virtual yang dikembangkan masuk kedalam kategori “sangat baik”. Keefektifan media museum virtual ini dianalisis berdasarkan hasil pre-test dan pos-test, di ketahui bahwa pos-test lebih tinggi dibandingkan pre-test masing-masing memperoleh 82 dan 64. Persentase N-Gain yang di dapatkan adalah 66% dengan kategori “cukup efektif”. Melalui hasil penilaian kelayakan dan keefektifan tersebut di peroleh hasil produk media museum virtual untuk kelas XI IPS dan MIPA SMAS Dharmawangsa Medan sangat layak dan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Museum Virtual; Web Artsteps
Subjects: L Education > L Education (General) > L797 Educational exhibitions and museums
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:16
Last Modified: 03 Jun 2024 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58087

Actions (login required)

View Item
View Item