Manalu, Anggriana (2023) Analisis Kompetensi Kewarganegaraan dalam Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Tingkat Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311172_Cover.pdf
Download (3MB)
1193311172_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (504kB)
1193311172_Abstrak.pdf
Download (3MB)
1193311172_Kata_Pengantar.pdf
Download (3MB)
1193311172_Daftar_Isi.pdf
Download (3MB)
1193311172_Daftar_Gambar.pdf
Download (3MB)
1193311172_Daftar_Tabel.pdf
Download (3MB)
1193311172_Daftar_Lampiran.pdf
Download (3MB)
1193311172_BAB_I.pdf
Download (3MB)
1193311172_BAB_V.pdf
Download (3MB)
1193311172_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan kompetensi kewarganegaraan dalam kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian 3 guru sekolah dasar kurikulum 2013, 3 guru sekolah dasar kurikulum merdeka dan 1 dosen ahli Pendidikan Kewarganegaraan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan disertai dengan dokumentasi. Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa muatan setiap ranah kompetensi kewarganegaraan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka di sekolah dasar mengandung muatan kompetensi kewarganegaraan secara utuh yang terdiri dari pengetahuan kewarganegaraan, keterampilan kewarganegaraan, dan sikap kewarganegaraan. Kedua dicermati dari kata kerja operasional (KKO), kurikulum 2013 mengandung 25 % komponen pengetahuan kewarganegaraan, 25 % komponen keterampilan kewarganegaraan, 50 % komponen sikap/karakter. Sedangkan pada kurikulum merdeka mengandung 31,37 % komponen pengetahuan kewarganegaraan, 41,18 % komponen keterampilan kewarganegaraan, dan 27,45% komponen sikap/karakter kewarganegaraan kemudian ditambah 20 % penguatan profil pelajar Pancasila. Kedua kurikulum sama-sama mendominasi komponen sikap/karakter kewarganegaraan dan memiliki perbedaan pada komponen pengetahuan dan keterampilan. Ketiga kompetensi kewarganegaraan akan memberikan nampak pada pembentukan pribadi peserta didik yang memiliki karakter kepribadian yang baik dan benar mencerminkan nilai-nilai yang termuat dalam pengamalan Pancasila dan UUD 1945.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Kewarganegaraan; Kurikulum 2013; Kurikulum Merdeka; Pendidikan Kewarganegaraan; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 29 May 2024 02:30 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58080 |