Naibaho, Angel Natasya (2023) Analisis Peran Guru Dalam Meningakatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 028288 Binjai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111048_Cover.pdf
Download (61kB)
1193111048_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (658kB)
1193111048_Abstrak.pdf
Download (84kB)
1193111048_Kata_Pengantar.pdf
Download (298kB)
1193111048_Daftar_Isi.pdf
Download (221kB)
1193111048_Daftar_Gambar.pdf
Download (96kB)
1193111048_Daftar_Tabel.pdf
Download (102kB)
1193111048_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
1193111048_BAB_I.pdf
Download (254kB)
1193111048_BAB_V.pdf
Download (114kB)
1193111048_Daftar_Pustaka.pdf
Download (151kB)
Abstract
Dari berbagai faktor, motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, motivasi merupakan aspek penting yang harus ditanamkan oleh guru kepada siswa. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningaktkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 028288 Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 responden di SD 028288 Binjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket (kuisioner) dengan instrument penelitian menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 028288 Binjai tergolong tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase keseluruhan indikator yaitu pada indikator penilaian angka mengapatkan persentase 74,79% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan hadiah mendapatkan persentase 54,47% dengan kategori rendah. Pada indikator memberikan pujian mendapatkan persentase 63,41% dengan kategori cukup. Pada indikator mengadakan kompetisi mendapatkan persentase 75,60% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan penguatan mendapatkan persentase 56,91% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan ulangan mendapatkan persentase 59,34% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan hukuman dengan persentase 55,28% dengan kategori rendah. Rata-rata pada keseluruhan indikator memperoleh 63,75% dengan kategori cukup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis;Peran Guru; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 28 May 2024 08:52 |
Last Modified: | 28 May 2024 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58077 |