Analisis Peran Guru Dalam Meningakatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 028288 Binjai

Naibaho, Angel Natasya (2023) Analisis Peran Guru Dalam Meningakatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 028288 Binjai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111048_Cover.pdf] Text
1193111048_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1193111048_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111048_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 1193111048_Abstrak.pdf] Text
1193111048_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1193111048_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111048_Kata_Pengantar.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1193111048_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111048_Daftar_Isi.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1193111048_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111048_Daftar_Gambar.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 1193111048_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111048_Daftar_Tabel.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1193111048_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111048_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1193111048_BAB_I.pdf] Text
1193111048_BAB_I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 1193111048_BAB_V.pdf] Text
1193111048_BAB_V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1193111048_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111048_Daftar_Pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstract

Dari berbagai faktor, motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, motivasi merupakan aspek penting yang harus ditanamkan oleh guru kepada siswa. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningaktkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 028288 Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 responden di SD 028288 Binjai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket (kuisioner) dengan instrument penelitian menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 028288 Binjai tergolong tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase keseluruhan indikator yaitu pada indikator penilaian angka mengapatkan persentase 74,79% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan hadiah mendapatkan persentase 54,47% dengan kategori rendah. Pada indikator memberikan pujian mendapatkan persentase 63,41% dengan kategori cukup. Pada indikator mengadakan kompetisi mendapatkan persentase 75,60% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan penguatan mendapatkan persentase 56,91% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan ulangan mendapatkan persentase 59,34% dengan kategori cukup. Pada indikator memberikan hukuman dengan persentase 55,28% dengan kategori rendah. Rata-rata pada keseluruhan indikator memperoleh 63,75% dengan kategori cukup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis;Peran Guru; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2024 08:52
Last Modified: 28 May 2024 08:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58077

Actions (login required)

View Item
View Item