Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Kinemaster Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 5 Pematamg Siantar

Sapitri, Nurul (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Kinemaster Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 5 Pematamg Siantar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3191121016_Cover.pdf] Text
3191121016_Cover.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 3191121016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3191121016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 3191121016_Abstrak.pdf] Text
3191121016_Abstrak.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 3191121016_Kata_Pengantar.pdf] Text
3191121016_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 3191121016_Daftar_Isi.pdf] Text
3191121016_Daftar_Isi.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 3191121016_Daftar_Gambar.pdf] Text
3191121016_Daftar_Gambar.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 3191121016_Daftar_Tabel.pdf] Text
3191121016_Daftar_Tabel.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 3191121016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3191121016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 3191121016_BAB_I.pdf] Text
3191121016_BAB_I.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 3191121016_BAB_V.pdf] Text
3191121016_BAB_V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 3191121016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3191121016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas video pembelajaran berbantuan Kinemaster pada mata pelajaran sejarah kelas X materi Mengenal Manusia Purba. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation . Pengembangan dalam penelitian ini telah menghasilkan produk yang mendapat penilaian kelayakan dari ahli materi diperoleh hasil sebesar 94,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu hasil validasi dengan dosen ahli media diperoleh hasil sebesar 95,2% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun penilaian kelayakan terhadap siswa dilakukan dalam dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Adapun hasil kelayakan media yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil pada siswa kelas X-IPS 5 yaitu sebesar 73% sedangkan hasil yang diperoleh pada uji coba kelompok besar pada siswa kelas X-IPS 3 yaitu 86,57% dengan kategori “Sangat Layak” . Kemudian media yang telah dikembangkan dianalisis efektivitas media dengan menganalisis nilai N-Gain yang diperoleh dari pretest dan posttest rata rata pre-test yang diperoleh siswa sebesar 58 kemudian memperoleh hasil post test sebesar 92,14 dan kemudian diperoleh nilai N-Gain sebesar 79,3% yang menunjukkan bahwa media tersebut efektif. Dari hasil pengujian terhadap kelayakan dan efektivitas tersebut diperoleh hasil bahwa produk video pembelajaran berbantuan Kinemaster pada mata pelajaran sejarah kelas X materi Mengenal Manusia Purba layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video Pembelajara; Kinemaster; RnD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:14
Last Modified: 03 Jun 2024 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58075

Actions (login required)

View Item
View Item