Sapitri, Nurul (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Kinemaster Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 5 Pematamg Siantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
3191121016_Cover.pdf
Download (138kB)
3191121016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (452kB)
3191121016_Abstrak.pdf
Download (181kB)
3191121016_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
3191121016_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
3191121016_Daftar_Gambar.pdf
Download (153kB)
3191121016_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
3191121016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
3191121016_BAB_I.pdf
Download (304kB)
3191121016_BAB_V.pdf
Download (234kB)
3191121016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas video pembelajaran berbantuan Kinemaster pada mata pelajaran sejarah kelas X materi Mengenal Manusia Purba. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation . Pengembangan dalam penelitian ini telah menghasilkan produk yang mendapat penilaian kelayakan dari ahli materi diperoleh hasil sebesar 94,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Selain itu hasil validasi dengan dosen ahli media diperoleh hasil sebesar 95,2% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun penilaian kelayakan terhadap siswa dilakukan dalam dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Adapun hasil kelayakan media yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil pada siswa kelas X-IPS 5 yaitu sebesar 73% sedangkan hasil yang diperoleh pada uji coba kelompok besar pada siswa kelas X-IPS 3 yaitu 86,57% dengan kategori “Sangat Layak” . Kemudian media yang telah dikembangkan dianalisis efektivitas media dengan menganalisis nilai N-Gain yang diperoleh dari pretest dan posttest rata rata pre-test yang diperoleh siswa sebesar 58 kemudian memperoleh hasil post test sebesar 92,14 dan kemudian diperoleh nilai N-Gain sebesar 79,3% yang menunjukkan bahwa media tersebut efektif. Dari hasil pengujian terhadap kelayakan dan efektivitas tersebut diperoleh hasil bahwa produk video pembelajaran berbantuan Kinemaster pada mata pelajaran sejarah kelas X materi Mengenal Manusia Purba layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video Pembelajara; Kinemaster; RnD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 08:14 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58075 |