PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK PRESTIGE BILINGUAL SCHOOL

Fauziah, Cindy Syachrani (2023) PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK PRESTIGE BILINGUAL SCHOOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191113005_Cover.pdf] Text
1191113005_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 1191113005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191113005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 1191113005_Abstrak.pdf] Text
1191113005_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1191113005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191113005_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1191113005_Daftar_Isi.pdf] Text
1191113005_Daftar_Isi.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1191113005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191113005_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1191113005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191113005_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191113005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191113005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1191113005_BAB_I.pdf] Text
1191113005_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 1191113005_BAB_V.pdf] Text
1191113005_BAB_V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1191113005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191113005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari kemandirian anak melalui penggunaan media film animasi pada anak kelompok B TK Prestige Bilingual School. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 15 anak di satu kelas. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan media film animasi sedangkan variabel terikat adalah kemandirian anak usia 5-6 tahun. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji coba instrument dilakukan dengan tes berbentuk pernyataan sebanyak 12 butir. Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata diberi perlakuan film animasi sebesar 10,53 dalam kategori sangat baik, sedangkan tidak diberi perlakuan film animasi sebesar 9,13 dalam kategori sangat baik. Dari pernyataan skor data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan film animasi dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Prestige Bilingual School. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan skor diberi perlakuan dan tidak diberi perlakuan. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media film animasi terhadap kemandirian anak kelompok B, dan dari hasil uji-t diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,000 < 0,05 pada taraf α = 0,005 dengan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media film animasi terhadap kemandirian anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Prestige Bilingual School

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Anak Usia Dini, Film Animasi, Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 May 2024 08:41
Last Modified: 28 May 2024 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58074

Actions (login required)

View Item
View Item