Harahap, Melanie Putri (2023) Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Digital Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Semester Genap. Masters thesis, UNIMED.
8216174002_Cover.pdf
Download (68kB)
8216174002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8216174002_Abstrak.pdf
Download (86kB)
8216174002_Kata_Pengantar.pdf
Download (88kB)
8216174002_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
8216174002_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
8216174002_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
8216174002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (54kB)
8216174002_BAB_I.pdf
Download (314kB)
8216174002_BAB_V.pdf
Download (90kB)
8216174002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (245kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan penuntun praktikum biologi terintegrasi digital learning dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi), yang telah dinilai selama proses validasi untuk mendapatkan kelayakan materi, desain pembelajaran, dan desain layout dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil Validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 97,11%. Hasil validasi ahli desain pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 96,83%. Hasil validasi ahli desain layout menunjukkan persentase sebesar 96,66%. Hasil uji perorangan menunjukkan persentase sebesar 89,58%. Dari uji coba kelompok kecil siswa menunjukkan persentase sebesar 86,33%. Hasil penilaian uji coba kelompok besar menunjukkan persentase sebesar 87,11%. Hasil validasi menunjukkan bahwa seluruh aspek penilaian berkategori sangat baik. Artinya penuntun praktikum layak untuk diimplementasikan pada saat pembelajaran berdasarkan hasil validasi. Tahapan selanjutnya adalah tahap implementasi untuk melihat peningkatan penuntun praktikum pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan nilai probabilitas (p) dimana p> 0,05, nilai p = 0,418 diperoleh untuk sistem pernapasan, nilai p = 0,728 untuk sistem ekskresi dan nilai p = 0,547 untuk sistem koordinasi pada taraf signifikansi 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji n-gain di kelas eksperimen dalam kategori tinggi dan di kelas kontrol dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman kegiatan praktikum yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.72 Har p |
Keywords: | Penuntun praktikum, kemampuan berpikir kritis, digital learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 06:01 |
Last Modified: | 28 May 2024 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58059 |