Sembiring, M. Arief Ramadahan (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMKN 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161111029 COVER.pdf
Download (44kB)
2. NIM 5161111029 APPROVAL SHEET.pdf
Download (543kB)
3. NIM 5161111029 ABSTRACT.pdf
Download (127kB)
4. NIM 5161111029 PREFACE.pdf
Download (113kB)
5. NIM 5161111029 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (67kB)
6. NIM 5161111029 LIST OF TABLES.pdf
Download (96kB)
7. NIM 5161111029 LIST OF IMAGES.pdf
Download (96kB)
8. NIM 5161111029 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (33kB)
9. NIM 5161111029 CHAPTER I.pdf
Download (613kB)
13. NIM 5161111029 CHAPTER V.pdf
Download (367kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 2 Medan diketahui bahwa pembelajaran didalam kelas masih monoton dan terkadang membosankan dikarenakan penggunaan media yang kurang interaktif yaitu modul, buku bacaan dan hanya terkadang menggunakan slideshow powerpoint dengan penyajian guru yang kurang menarik yaitu hanya menyajikan dengan metode ceramah. Dengan mengetahui permasalahan perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Dasar Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah dengan kompetensi dasar Kesehatan Keamanan Keselamatan dan Lingkugan Hidup (K3LH). Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket. Angket digunakan untuk validasi produk dan penilaian produk oleh siswa untuk mengetahui kelayakan media. Sasaran angket validasi media pembelajaran ini ditujukan pada ahli materi, ahli media dan siswa. Berdasarkan rata rata hasil validasi produk yang dilakukan media pembelajaran berbasis video untuk kelas X DPIB SMKN 2 Medan dinyatakan “sangat layak” digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi validasi ahli materi 1 sebesar 93,8%, Ahli Materi 2 sebesar 96,9%, dan validasi ahli Media 83% sebesar dan penilaian rata rata siswa sebesar 90,8% menunjukan kriteria yang sangat layak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; ADDIE; K3LH |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:59 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58038 |