Taleumbanua, Indri Yati Safitri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Vlog Pada Mata pelajaran Sejarah kelas XI Pada Materi Kolonialisme dan Imperialisme di SMA Dharmawangsa Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193321030_Cover.pdf
Download (215kB)
3193321030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
3193321030_Abstrak.pdf
Download (318kB)
3193321030_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
3193321030_Daftar_Isi.pdf
Download (264kB)
3193321030_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
3193321030_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
3193321030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (208kB)
3193321030_BAB_I.pdf
Download (479kB)
3193321030_BAB_V.pdf
Download (60kB)
3193321030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (181kB)
Abstract
Teknologi Pendidikan merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang merekomendasikan berbagai solusi untuk membantu dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan seluruh aspek belajar dan bersumber dari suatu kecanggihan perangkat yang memadai. Dengan berkembangnya teknologi sekarang, maka banyak sekali media-media yang bisa di jadikan alat pembelajaran, salah satunya media pembelajaran berbasis “Vlog” atau bisa di sebut media pembelajaran yang menampilkan video yang bersifat fleksibel dan visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1). Mengetahui bagaimana proses pengembangan media berbasis vlog untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 2) Mengetahui kelayakan media berbasis vlog untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Mengetahui Evektifitas media pembelajaran berbasis vlog pada mata pelajaran untuk mengetahui hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Delopementent (R&D) dikemukakan oleh Sugiyono yang dimodifikasi dari Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Dharmawangsa Medan yang terdiri dari uji coba kelompok kecil berjumlah 6 orang siswa dan uji coba pemakaian berjumlah 29 orang siswa. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan tes soal. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penilaian hasil validasi ahli materi dengan presentase 88,5% sedangkan jika di lihat dari hasil validasi ahli media mendapatkan skor presentasi 86,9% pada kategori “Sangat layak”. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba lapangan, uji coba kelompok kecil mendapatkan skor persentase 89,12% uji coba pemakaian mendapatkan skor persentase 85,4%. Keberhasilan hasil belajar jika tercapai >72% peserta didik yang mencapai KKM (75), untuk memperoleh hal tersebut dilakukannya uji keefektivan melalui pre-test dan post-test menunjukkan hasil belajar peserta didik lebih efektif menggunakan media pembelajaran berbasis vlog dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis vlog yang hanya menggunakan media cetak (buku teks, LKS). Nilai pre-test diperoleh sebesar 65% sedangkan post-test diperoleh nilai 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasisi vlog pada materi kolonialisme dan imperialisme untuk kelas XI SMA Dharmawangsa Medan “Sangat layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; media pembelajaran sejarah; Vlog |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 08:04 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58035 |