Fadhilah, Sri (2024) Pengaruh Peran Guru PPKn Terhadap Pembentukan Sikap Toleransi Peserta Didik di SMA Negeri 4 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193111021_Cover.pdf
Download (75kB)
3193111021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (607kB)
3193111021_Abstrak.pdf
Download (274kB)
3193111021_Kata_Pengantar.pdf
Download (292kB)
3193111021_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
3193111021_Daftar_Gambar.pdf
Download (52kB)
3193111021_Daftar_Tabel.pdf
Download (53kB)
3193111021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (54kB)
3193111021_BAB_I.pdf
Download (332kB)
3193111021_BAB_V.pdf
Download (199kB)
3193111021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh peran guru PPKn terhadap pembentukan sikap toleransi peserta didik di SMA Negeri 4 Binjai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei cross-sectional. Penelitian kuantitatif adalah penelitian berdasarkan atas angka dan analisis perhitungan statistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berdasarkan kuesioner (angket) penelitian sebagai data primer dan wawancara sebagai data sekunder. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Binjai. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 70 peserta didik SMA Negeri 4 Binjai yang berada di kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan SPSS dengan beberapa uji yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji pearson product moment, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat dalam pembentukan sikap toleransi peserta didik yang dilakukan oleh guru PPKn di SMA Negeri 4 Binjai. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji statistik yang telah dilakukan peneliti melalui uji pearson product moment dalam penelitian ini yaitu berada pada rentang 0,80 – 1,000 karena mendapatkan hasil sebesar 0,944 yang berarti hubungan atau pengaruh antara peran guru PPKn dan sikap toleransi sangat kuat. Kemudian ditunjukkan juga melalui hasil uji hipotesis dengan uji t yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, karena nilai signifikansi variabel peran guru PPKn sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh peran guru PPKn terhadap pembentukan sikap toleransi peserta didik di SMA Negeri 4 Binjai. Oleh karena itu, peran guru PPKn sangat berperan penting dalam pembentukan sikap toleransi peserta didik. Beberapa peran guru PPKn yang dapat dilakukan untuk membentuk sikap toleransi peserta didik yaitu: (1) menularkan ilmu pengetahuan dan kebudayaan kepada siswa; (2) menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa; (3) mengajarkan siswa cara berkomunikasi dengan baik dan bertanggung jawab; (4) mengajarkan siswa untuk dapat berkolaborasi dengan lingkungannya; (5) mengembangkan kemampuan fisik dan spiritual peserta didik; dan (6) mununjukkan kemahiran dan kompetensi dalam menguasasi bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru PPKn; Sikap Toleransi; Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 07:59 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58031 |