Siahaan, Angelina Tioria (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancanga Interior Gedung Kelas XI Program Keahlian Desaian Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5181111017 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM 5181111017 APPROVAL SHEET.pdf
Download (176kB)
3. NIM 5181111017 ABSTRACT.pdf
Download (209kB)
4. NIM 5181111017 PREFACE.pdf
Download (166kB)
5. NIM 5181111017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (86kB)
6. NIM 5181111017 TABLES.pdf
Download (139kB)
7. NIM 5181111017 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
8. NIM 5181111017 APPENDICES.pdf
Download (137kB)
9. NIM 5181111017 CHAPTER I.pdf
Download (533kB)
13. NIM 5181111017 CHAPTER V.pdf
Download (112kB)
14. NIM 5181111017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dengan menggunakan dua model pembelajaran kooperaif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta melihat karakteristik siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat beljajar rendah dalam proses pembelajaran. penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balige. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 1 yang berjumlah 34 siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT dan siswa kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 34 siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD. Sebelum penelitian ini dilakukan, intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen angket Minat Belajar diperoleh 25 butir angket yang valid dari 30 butir angket yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,804 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung diperoleh 27 butir soal yang valid dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,924 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 5,14 > FTabel = 3,99 pada taraf signifikan α = 0,05. Tingkat minat belajar siswa pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 11,64 > FTabel = 3,99. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tingkat minat belajar terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung 2,48 < FTabel = 3,99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar;, Kooperatif; Minat Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 May 2024 04:45 |
Last Modified: | 28 May 2024 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58026 |