Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancanga Interior Gedung Kelas XI Program Keahlian Desaian Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Balige

Siahaan, Angelina Tioria (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancanga Interior Gedung Kelas XI Program Keahlian Desaian Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5181111017 COVER.pdf] Text
1. NIM 5181111017 COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 2. NIM 5181111017 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5181111017 APPROVAL SHEET.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 3. NIM 5181111017 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5181111017 ABSTRACT.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4. NIM 5181111017 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5181111017 PREFACE.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 5. NIM 5181111017 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5181111017 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 6. NIM 5181111017 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5181111017 TABLES.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 7. NIM 5181111017 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5181111017 ILLUSTRATION.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM 5181111017 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5181111017 APPENDICES.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 9. NIM 5181111017 CHAPTER  I.pdf] Text
9. NIM 5181111017 CHAPTER I.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 13. NIM 5181111017 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5181111017 CHAPTER V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 14. NIM 5181111017 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5181111017 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dengan menggunakan dua model pembelajaran kooperaif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta melihat karakteristik siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat beljajar rendah dalam proses pembelajaran. penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balige. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 1 yang berjumlah 34 siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT dan siswa kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 34 siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD. Sebelum penelitian ini dilakukan, intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen angket Minat Belajar diperoleh 25 butir angket yang valid dari 30 butir angket yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,804 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung diperoleh 27 butir soal yang valid dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,924 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 5,14 > FTabel = 3,99 pada taraf signifikan α = 0,05. Tingkat minat belajar siswa pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 11,64 > FTabel = 3,99. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tingkat minat belajar terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung 2,48 < FTabel = 3,99.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar;, Kooperatif; Minat Belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 May 2024 04:45
Last Modified: 28 May 2024 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58026

Actions (login required)

View Item
View Item